TUTUP!!! Klik 2x...

Membaca Al-Quran di Handphone Tanpa Berwudhu, Ini Hukumnya

bagaimanakah hukumnya membaca quran tanpa berwudhu sebelumnya, dan juga pula membaca quran lewat aplikasi di hp yang dikala ini sudah banyak dipunyai di tiap gadget, apakah boleh membacanya masih dengan keadaan berhadats kecil?

ayo kita ikuti berbarengan pembahasannya berikut:

bila telah mempunyai hafalan quran, orang yang berhadats kecil masih boleh membaca quran tanpa memegang mushaf. perihal ini serupa yang diriwayatkan dari ali radhiyallahu ‘anhu:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي الْخَلَاءَ فَيَقْضِي الْحَاجَةَ ثُمَّ يَخْرُجُ فَيَأْكُلُ مَعَنَا الْخُبْزَ وَاللَّحْمَ وَيَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَلَا يَحْجُبُهُ وَرُبَّمَا قَالَ لَا يَحْجُزُهُ عَنْ الْقُرْآنِ شَيْءٌ إِلَّا الْجَنَابَةُ

“rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam masuk ke kamar kecil kemudian menuntaskan hajatnya. setelah itu dia keluar dan juga makan roti dan juga daging besama kami, dia pula membaca al - qur’an. tidak terdapat yang menghalanginya shallallahu ‘alaihi wasallam –boleh jadi mengatakan: tidak menghalanginya - dari membaca al - qur’an kecuali junub. ” (hr. ibnu majah)

sedangkan bila membaca quran sembari memegang mushaf, para ulama berubah komentar. terdapat yang membolehkannya, terdapat pula yang mensyaratkan wajib terbebas dari hadats besar dan juga hadats kecil.

ialah setimpal dengan ayat angkatan laut (AL) quran: “sesungguhnya angkatan laut (AL) qur’an ini merupakan teks yang amat mulia, pada kitab yang terpelihara (lauhmahfuz) , tidak menyentuhnya kecuali hamba - hamba yang disucikan. diturunkan dari tuhan semesta alam. hingga apakah kalian menyangka remeh aja angkatan laut (AL) qur’an ini? ” (qs. al - waqi’ah: 77 - 81)

tidak hanya itu ada hadits nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “tidak boleh memegang al - qur’an kecuali orang yang suci. ” hadits ini lemah secara sanad, tetapi para teman nabi membagikan fatwa demikian bagaikan penghormatan terhadap al - qur’an dan juga fakta kalau al - qur’an merupakan kalamullah.

kemudian gimana bila membaca quran dengan memakai tablet ataupun hp? perlukah berwudhu sebelumnya?

hp dan juga perlengkapan semisalnya yang di dalamnya direkam al - qur’an tidak serupa hukumnya mushaf. karna huruf al - qur’an yang ada di perlengkapan ini berubah dengan keberadaan huruf di mushaf.

hingga watak yang dibacanya tidak terdapat, yang terdapat merupakan watak gelombang yang terdiri dari huruf dengan sketsanya kala dimohon, barulah hendak nampak di layar dan juga hendak lenyap kala dipindah ke yang yang lain.

hingga dari itu, komentar yang amat kokoh merupakan dibolehkan memegang hp ataupun kaset yang di dalamnya terdapat rekaman dan juga dibolehkan membaca quran darinya, walaupun tanpa berswudhu sebelumnya.

teks al - qur’an dari hp mempermudah untuk perempuan haid, dan juga untuk orang yang kesusahan bawa mushaf bersamanya. ataupun di tempat yang susah buat berwudhu karna tidak disyaratkan bersuci dalam menyentuhnya. wallahualam. mudah - mudahan berguna.




(sumber: ummi - online. com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman