TUTUP!!! Klik 2x...

Vietnam Usir Keturunan Cina Karena Sudah Mengancam Kedaulatan Bangsanya

Di vietnam meledak gerakan anti Tiongkok. rakyat vietnam sudah muak dan juga jijik dengan pendatang Tiongkok, yang jadi parasit, terlebih lagi mereka mulai ingin menjajah negara vietnam. nah saat ini gimana dengan indonesia ?

bermacam zona mereka kuasai. inilah yang jadi aspek meledaknya gerakan anti Tiongkok di vietnam yang terus menjadi besar. keadaan ini yang mendesak beijing berperan kilat menyelamatkan warganya. 5 kapal angkut dikirim mengevakuasi masyarakat generasi Tiongkok dari negeri asia tenggara itu.

sudah satu kapal yang datang bawa kembali 3 ribu masyarakat Tiongkok di vietnam. satu kapal itu diberangkatkan dari provinsi hainan kemarin (18/5). tidak cuma lewat jalan laut, pemerintah Tiongkok pula bergerak kilat melalui hawa. memakai pesawat carter, 16 warganya yang dalam keadaan kritis akibat aksi kekerasan demonstran anti - cina diterbangkan keluar vietnam.

akibat kerusuhan yang rusak pertengahan akhir minggu kemudian, 2 masyarakat Tiongkok tewas. seratus yang lain dikabarkan luka. sebagian insiden kekerasan terparah terjalin di provinsi ha tinh, tepi laut tengah vietnam.

industri asing, spesialnya yang dikelola masyarakat Tiongkok dan juga taiwan, terbakar, dijarah, dan dirusak para demonstran. kemarahan mereka dipicu oleh langkah beijing membangun kilang minyak dan juga menyiagakan peralatan pengeboran di laut Tiongkok selatan yang diklaim kedua negeri bagaikan daerah teritorialnya.

demonstrasi yang berujung kerusuhan itu dimulai dari dibukanya keran keluhan anti - cina oleh pemerintah vietnam 11 mei kemudian. sementara itu, sebelumnya demonstrasi dilarang di negara komunis itu. kebijakan itu berbuntut blunder karna demonstrasi terus menjadi tidak terkontrol dan juga mengaitkan tokoh - tokoh oposisi di dalam negara vietnam.

kesimpulannya sabtu (17/5) pemerintah hanoi mengirimkan pesan berantai kepada segala pengguna telepon seluler. isinya kalau perdana menteri nguyen tan dung memperingatkan warganya buat tidak ikut serta dalam demonstrasi ilegal, karna dikira mengusik ketenteraman publik.

menteri keamanan publik tran dai quang serupa dilansir vna sabtu (17/5) menyayangkan penyerangan terhadap masyarakat tionghoa di vietnam. puluhan polisi pula terluka dikala berupaya mengatur kemarahan massa.

walaupun demikian, suasana di laut Tiongkok selatan senantiasa aja panas. kedua pihak belum memperlihatkan isyarat menarik diri buat meredam ketegangan. vna mengutip Tiongkok terus memperlihatkan agresivitasnya dengan mengirim lebih banyak kapal perang ke daerah dekat pengeboran minyak. vietnam menekan Tiongkok lekas menarik sarana kilangnya dari daerah sengketa.


nguyen van trunng, petugas di kementerian pengawas maritim melaporkan, Tiongkok menempatkan 119 kapal di daerah sengketa pada sabtu pagi. armada tersebut tercantum kapal perang, patroli laut, dan juga kapal nelayan. sebagian di antara lain terlebih lagi memprovokasi dengan menabrak kapal vietnam dan juga menembakinya dengan meriam air.

Tiongkok memiliki komentar seorang diri soal pendirian perilakunya. beijing melaporkan, tindakannya merupakan respons dari provokasi kapal vietnam yang mengusik operasional pengeboran minyak lepas tepi laut. beijing melaporkan telah memberlakukan “zona pengusiran” dengan radius 3 mil dari dekat kilang. kilang itu dikelola industri migas negeri cnooc.

“kami tidak menghasilkan permasalahan, tetapi kami tidak cemas mengalami permasalahan ini, ” tegas jenderal fang fenghui, kepala staf jenderal tentara pembebasan rakyat tiongkong (pla) , kamis (15/5) dikala melawat ke amerika serikat.

“kalau menyangkut teritori, perilaku kami tegas. kami tidak hendak mundur satu langkah juga, ” tandas fang.

beijing pula melaporkan hendak meninjau ulang beberapa kerja sama bilateral kedua negeri. tidak hanya itu, travel warning dikeluarkan buat masyarakat Cina yang hendak berkunjung ke vietnam.

ktt asean pertengahan mei kemudian pula mangulas secara spesial sengketa daerah di laut Cina selatan yang mengaitkan filipina, vietnam, malaysia, brunei darussalam, taiwan, dan juga Cina tersebut.

tetapi, perhimpunan bangsa asia tenggara itu tidak mengambil langkah frontal karna mau melindungi ikatan baik dengan negara gorden bambu tersebut. walhasil, tidak terdapat perilaku tegas dari asean buat bernegosiasi dengan beijing.

Tiongkok terus melaksanakan langkah - langkah agresifitasnya dan juga mau memperluas pengaruhnya militer ke Tiongkok selatan. aksi pemerintah Tiongkok ini memunculkan sentimen anti Tiongkok. tercantum aksi menentang keahlian oleh bermacam perusahan Tiongkok di vietnam.

keadaan di vietnam sama dengan di indonesia, dimana kelompok komunitas melaksanakan keahlian terhadap sumber - sumber ekonom indonesia. di mana konglomerat Tiongkok sudah memahami 85 % ekonomi indonesia. kapan di indonesia lahir gerakan anti Tiongkok?






(Sumber 1 : http:// www. faktanews. net/2016/05/vietnam-usir-keturunan-cina-karena. html )

(Sumber 2 : https:// www. facebook. com/erikhasan/posts/689483697755055 )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman