TUTUP!!! Klik 2x...

Inilah Perbedaan Nafkah Istri dan Uang Belanja

Banyak orang menyangka kalau nafkah yang harus dikasih seseorang suami kepada istrinya merupakan duit buat memadai kebutuhan tiap hari, ataupun yang biasa diucap bagaikan duit belanja.

tetapi, mengerti kah kalian, nyatanya nafkah istri dan juga duit belanja merupakan 2 perihal yang berubah. duit belanja berbentuk duit buat penuhi kebutuhan tiap hari serupa makan, membayar rekening listrik dan juga air, dan juga pengeluaran kebutuhan hidup yang lain. sebaliknya nafkah istri merupakan yang spesial yang dikasih suami kepada istrinya ataupun duit jajanan.

allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

kalangan pria itu merupakan pemimpin untuk kalangan perempuan, oleh karna allah telah melebihkan sebahagian mereka (pria) atas sebahagian yang lain (perempuan) , dan juga karna mereka (pria) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. (qs. an - nisa’: 34)

sudah jadi kewajiban seseorang suami yang wajib berikan nafkah kepada istrinya berbentuk duit belanja dan juga nafkah spesial buat istri ataupun duit jajanan.

rasulullah salallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

“dan mereka (para istri) memiliki hak diberi rizki dan juga baju (nafkah) yang diharuskan atas kalian sekaligus (wahai para suami). ” (hr. muslim: 2137)

dalam hadist ini disebutkan 2 nafkah yang harus dikasih seseorang suami kepada istrinya, ialah rizki (duit belanja) dan juga baju (nafkah istri).

tetapi, islam pula tidak memberatkan kepada para lelaki buat membagikan nafkah kepada istrinya. para suami benar harus membagikan nafkah pada istrinya, tetapi senantiasa setimpal dengan kemampuannya.

allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“dan kewajiban bapak berikan makan dan juga baju kepada para bunda dengan trik ma’ruf, seorang tidak dibebani melainkan bagi kandungan kesanggupannya. ” (qs. al - baqarah: 233)

para istri pula wajib mempunyai watak qana’ah dengan trik bersyukur buat tiap rizki yang dikasih suaminya dan juga mengaturnya sebaik bisa jadi, serupa yang dinasehatkan rasulullah salallahu ‘alaihi wa salam dikala hindun binti itbah mengadu pada rasul tentang suaminya yang kikir. rasulullah salallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

“ambil - lah nafkah yang cukup untukmu dan juga anak - anakmu dengan trik yang normal. ” (hr. bukhori: 4945)

nah, buat para suami, mulai saat ini sisihkan duit buat berikan nafkah istri pula tidak hanya buat berikan duit belanja. buat para istri, boleh menegaskan suaminya buat penuhi kewajiban nafkah istri, tetapi jalani dengan trik yang normal dan juga bersyukurlah atas tiap nafkah yang dikasih suami. insha allah hendak bawa berkah dalam kehidupan keluarga.

aamiin ya robbal alamin




(sumber: dailymoslem. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman