TUTUP!!! Klik 2x...

Untuk Menenangkan Hati, Amalkan 5 Cara Islami Ini

hati merupakan salah satu anugerah allah swt yang tidak ternilai biayanya untuk manusia. dengan hati, manusia mampu merasakan suka, duka, senang, derita, kecewa, bangga, dan juga lain - lain. dengan hati, manusia mampu meraba persaan teman . dengan hati pula manusia mampu membikin kehidupan ini penuh dengan kedamaian dan juga kasih sayang. hati merupakan keajaiban si pencipta yang tetap menuntun manusia pada sinar, sinar kebenaran.

pada dasarnya, manusia merupakan sesosok makhluk yang amat kerap dilanda kecemasan. kala seorang dihadapkan pada sesuatu permasalahan, sebaliknya pribadinya belum ataupun tidak siap dalam menghadapinya, tentu jiwa dan juga pikirannya hendak jadi guncang dan juga masalah tersebut sudahlah jadi fitrah untuk tiap manusia.

jangankan kita bagaikan manusia biasa, terlebih lagi rasulullah shalallahu alaihi wasallam juga sempat hadapi kondisi tersebut pada tahun ke - 10 masa kenabiannya. pada masa yang masyhur dengan ‘amul huzni (tahun duka cita) itu, dia ditinggal meninggal oleh pamannya, abu thalib, setelah itu 2 bulan disusul dengan wafatnya istri yang amat dia sayangi, khadijah bintu khuwailid.

ya di maklumi aja bila kita bagaikan manusia merasakan kegelisahan, gundah gulana, kecemasan maupun kekhawatiran.

hati ini, pada dasarnya telah diciptakan bersih oleh allah swt bersih dari bermacam berbagai penyakit. tetapi, bersamaan dengan napas kehidupan yang terus berhembus dan juga makin menua dalam rimba kehidupan, lama - lama hati juga mulai terkontaminasi, terkotori, dan juga kesimpulannya jadi tempat bersemayamnya bermacam berbagai penyakit, yang salah satunya merupakan penyakit risau itu tadi

risau, benar satu penyakit hati yang amat beresiko tetapi kira - kira tidak sempat dipertimbangkan oleh mayoritas manusia. karna, lazimnya mereka sudah mempunyai trik tiap - tiap buat menyirnakan risau tersebut. terdapat yang menghilangkannya dengan cara - cara yang setimpal ataupun tidak melanggar syariat, tetapi banyak pula yang menyirnakan penyakit tersebut dengan cara - cara yang menyimpang dari syariat. dampaknya, risau mereka lenyap, dosa juga menerkam.

allah swt telah menghasilkan dan juga menganugerahkan hati untuk manusia bagaikan salah satu fitur kehidupan yang amat vital, yang hendak menolong memandang dan juga mendengar seruan allah swt, yang hendak membantunya mampu merasakan apa yang tengah dialami oleh teman . tetapi, kita pula mengenali kalau seluruh suatu itu terdapat, tiada, terjalin, dan juga tidak terjalin cuma karna allah swt. dari situ, kita pula ketahui kalau allah swt - lah yang telah menghasilkan penyakit, dan juga allah swt - lah yang mempunyai penawarnya. dan juga salah satunya penawar yang amat efisien dan juga tidak berlawanan dengan syariat islam buat mencegah ataupun menyembuhkan penyakit risau merupakan dengan trik senantiasa mengingat allah swt, sebagaimana telah dikatakan dengan jelas oleh allah swt di dalam angkatan laut (AL) quran :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“ (ialah) orang - orang yang beriman dan juga hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat allah. ingatlah, cuma dengan mengingati allah - lah hati jadi tenteram. ” (qs. ar ra’du : 28)

dalam keseharian seluruh orang memerlukan ketenangan hati, dan juga buat memperoleh ketenangan hati tidaklah perihal yang mustahil. allah swt mengarahkan kepada kita langkah nyata memperoleh ketenangan hati, ialah dengan berdzikir, ingatlah, dengan dzikir mengingat allah hati hendak tentram. kebalikannya, kala kita tidak sering ingat kepada allah,
hati hendak kering dan juga gersang.

di informasi ini, sedikit hendak di dipaparkan gimana trik islami buat menenangkan hati kita yang lagi dalam kondisi risau setimpal syari’at islam pastinya. di antara lain merupakan :

1. sabar
ilustrasi. (photo : rafiqjauhary. com)

ilustrasi. (photo : rafiqjauhary. com)

perihal kesatu yang dicoba oleh nabi muhammad kala mengalami cobaan yang tiada henti merupakan dengan meneguhkan jiwa dalam bingkai kesabaran. karna dengan kesabaran seperti itu seorang hendak lebih dapat mengalami tiap permasalahan berat yang mendatanginya.

allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

“sesungguhnya allah berbarengan orang - orang yang sabar” (qs. al - baqarah 153).

tidak hanya menenangkan jiwa, tabah pula mampu memantapkan kacaunya ide benak akibat beratnya beban yang dialami. tes yang tuhan bagikan kepada kita itu sesungguhnya buat menguji keimanan kita. bila kita tabah melewai cobaan dan juga tes hendak meningkatlah tingkat iman kita. bukankan allah itu menguji hamba - nya setimpal dengan keahlian hamba - nya. bila tes itu tiba padanya, berarti allah percaya kita dapat melewatinya. allah aja percaya, masa kita ngga sih…

2. adukanlah seluruh itu kepada allah
ilustrasi. (photo : freshlie. wordpress. com)

ilustrasi. (photo : freshlie. wordpress. com)

kala seorang mengalami perkara yang amat berat, hingga sudah tentu hendak mencari suatu yang mampu diperuntukan tempat mengadu dan juga mencurahkan isi hati yang telah jadi beban menurutnya sepanjang ini. allah sudah menegaskan hamba - nya di dalam ayat yang dibaca tiap muslim minimun 17 kali dalam satu hari:

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

“hanya kepada - mulah kami menyembah, dan juga cuma kepada - mulah kami memohon pertolongan” (qs. angkatan laut (AL) fatihah 5).

kala keluhan itu diadukan kepada si maha pencipta, hingga hendak meringankan beban berat yang kita derita. kalo kita curhat sama sahabat, mukin malah hendak membuka aib kita seorang diri malah kan? ? ? ? …..

ok…..

mukin di antara kamu terdapat yang lebih milih curhat ma temen. syukur temen kita dapat dapat dipercaya dan juga gak menyebar luaskan permasalahan kita, lha kalo temen kita ember alias gak dapat jaga rahasia, yang terdapat malah menaikkan permasalahan karna aib kita di umbar - umbar. udah deh…… curhatnya sama si pencipta saja.

ya……

mengingat kalau manusia merupakan makhluk yang banyak sekali dalam meringik, tentu kala keluhan itu diadukan kepada si maha pencipta, hingga seluruh itu hendak meringankan beban berat yang sepanjang ini kita derita.

rasulullah shalallahi alaihi wasallam kala mengalami bermacam perkara juga, hingga perihal yang hendak dia jalani merupakan mengadu tes tersebut kepada allah ta’ala. karna cuma allah lah tempat tergantung untuk tiap makhluk.

3. positive thinking
ilustrasi. (photo : lifehacker. com)

ilustrasi. (photo : lifehacker. com)

positive thinking ataupun berpikir positif, masalah tersebut sangat menolong kita buat menanggulangi kerasa galau yang lagi kita kerasa. karna dengan berpikir positif, hingga seluruh bentuk - bentuk kesukaran dan juga beban yang terdapat dalam diri kita jadi terobati karna terdapatnya perilaku kalau seluruh yang maslah yang dialami, pastilah memiliki jalur yang lebih baik dan juga jalur keluar yang sudah diresmikan oleh allah ta’ala. hendak senantiasa terdapat jalur bila kita yakin kalo allah swt hendak menoong kita. intinya, kita haarus senantiasa berfikir positif sama allah, jangan sempat suudzhon sama si pencipta. ini sejalan dengan firman allah swt dalam ayat berikut;

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“karena sebetulnya seusai kesusahan itu terdapat kemudahan. sebetulnya seusai kesusahan itu terdapat kemudahan” (qs al - insyirah 5 - 6).

ini janji allah di dalam al - qur’an. hendak selallu terdapat kemudahan di tiap kesusahan. masih ragu pula sama janji allah. ? ? ? ? ? ? …



4. dzikrullah (mengingat allah)
ilustrasi. (photo : trisulistiono. wordpress. com)

ilustrasi. (photo : trisulistiono. wordpress. com)

naaaaahhh…

ini yang amat berarti. orang yang tetap mengingat allah ta’ala dalam seluruh perihal yang dikerjakan. pastinya hendak menjadikan nilai positif untuk pribadinya, paling utama dalam jiwanya. karna dengan mengingat allah seluruh perkara yang dialami, hingga jiwa hendak menghadapinya lebih tenang. sampai - sampai kerasa galau yang terdapat dalam diri dapat perlahan - perlahan dihilangkan. dan juga sudah menggambarkan janji allah ta’ala, untuk siapa aja yang mengingatnya, hingga didalam hatinya pastilah terisi dengan ketenteraman - ketenteraman yang tidak dapat didapatkan melainkan cuma dengan mengingat - nya.

satu perihal yang wajib diingat merupakan, buat mampu senantiasa mengingat allah swt dan juga sukses menghapus ataupun mencegah kerasa risau, dzikir tidak cuma dicoba sebatas perkataan lisan dan juga ataupun hati aja. dzikir kepada allah swt menggambarkan rentetan kegiatan yang mengaitkan segenap hati, lisan, dan juga pula perbuatan. tanpa bersatunya ketiga aspek tersebut, hingga susah pula ataupun terlebih lagi tidak bisa jadi untuk hati kita buat bersatu dengan allah swt.

5. sholat
ilustrasi. (photo : youtube. com)

ilustrasi. (photo : youtube. com)

sholat yang menggambarkan ibadah amat utama untuk umat muslim pula menggambarkan salah satu fasilitas penangkal dan juga penawar bermacam berbagai penyakit hati yang bersarang di dalam dada manusia. jelas aja, sholat menggambarkan ibadah yang keseluruhan cuma mengingat kepada allah swt, yang secara keseluruhan pula cuma diisi dengan kalimat - kalimat dzikrullah, ayat - ayat allah swt.

allah berfirman :

اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُّتَشَابِهًا مَّثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَمَن يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

“allah telah merendahkan perkataan yang amat baik (ialah) angkatan laut (AL) quran yang seragam (kualitas ayat - ayatnya) lagi berulang - ulang , gemetar karenanya kulit orang - orang yang cemas kepada tuhannya, setelah itu jadi tenang kulit dan juga hati mereka di waktu mengingat allah. seperti itu petunjuk allah, dengan kitab itu ia menunjuki siapa yang dikehendaki - nya. dan juga barangsiapa yang disesatkan allah, tentu tidak terdapat menurutnya seseorang pemimpinpun. ” (qs. az zumar : 23)

sholat menggambarkan kegiatan komunikasi langsung dengan allah swt, zat yang menggenggam dan juga memahami seluruh hati, yang menghasilkan penyakit dan juga yang menyembuhkannya tanpa kerasa sakit. bila seorang telah tersambung dan juga berbicara dengan allah swt secara langsung dalam sholat yang khusyuk, hingga mustahil menurutnya terkena penyakit risau. karna risau melanda hati, dan juga allah swt - lah yang menggenggam dan juga memahami seluruh hati.

bersabar, mengadu kepada allah, berpikir positif, dzikrullah, dan juga sholat merupakan pemecahan seluruh perkara, tercantum permasalahan penyakit hati tercantum kerasa gelisa, resah, gundah, gulana, galau ato papun itu.

sebagaimana firman - nya:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“orang - orang yang beriman dan juga hati mereka jadi tenteram dengan mengingat allah. ingatlah, cuma dengan mengingat allah lah hati jadi tenteram” (qs ar - ra’du 28).

berubah dengan orang - orang yang lalai kepada allah, yang di mana jiwa - jiwa mereka cuma terisi dengan kerasa kegelisahan, galau, dan kecemasan semata. tanpa terdapat sama sekali yang dapat menenangkan jiwa - nya.

pastinya, seusai mengenali tentang faktor - faktor yang mampu menanggulangi perkara galau, hingga jadilah orang yang senantiasa dekat kepada allah ta’ala. bersabar, berpikir positif, mengingat allah, dan mengadukan seluruh perkara kepada - nya menggambarkan kunci dari seluruh perkara yang lagi dialami. hingga dari itu, janganlah galau, karna sebetulnya allah berbarengan kita. [akhwatmuslimah. com]







(sumber: akhwatmuslimah. com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman