TUTUP!!! Klik 2x...

Ya Allah, Izinkan Hamba Mencium Tangan-Mu

Jarak cuma sejengkal lagi. tetapi seketika arus manusia berputar mendesak keluar sampai kesimpulannya diri ini terlepas dari pergumulan mencium tangan - nya.
asrama haji pondok gede, jakarta, selasa pagi. kami berangkat mengarah kabah dengan bawa segudang kerinduan. rabu dini hari waktu arab saudi, kerinduan itu kesimpulannya terbayarkan.

kabah sepekan kemudian masih relatif hening. terbuka peluang besar mencium hajar aswad. cuma 5 lapis bundaran manusia yang bergerak tawaf melawan arah duri jam.
tidak banyak yang memilah berdesak - desakan buat berebut mencium hajar aswad. hasrat dibulatkan buat masuk dalam pusaran mencium tangan tuhan. segalanya merasa begitu gampang.

quraish shihab berkata hajar aswad merupakan lambang tangan tuhan. ‘’tapi, sekali lagi dia cuma lambang, karna batu itu seorang diri tidak berikan khasiat ataupun mudharat, ’’ tulisnya dalam novel haji umrah berbarengan meter. quraish shihab.

batu hajar aswad yang diriwayatkan berasal dari surga ini juga sempat dirampas dan juga dibawa kabur jauh dari makkah. peristiwa tersebut terjalin pada tahun 319 h. selang 20 tahun setelah itu, sebut quraish shihab, batu hajar aswad ditemui dalam keadaan terpecah jadi 8 keping.

3 arus bergerak silih berbenturan mengarah hajar aswad. diri ini menjajaki arus yang bergerak dari sisi kanan hajar aswad. arus yang bergerak searah arus tawaf.
di depan nampak jamaah perempuan yang bergerak dari arus di sisi kiri hajar aswad. arus yang sebaliknya dengan arah arus tawaf. jaraknya tinggal separuh semeter lagi dengan hajar aswad.

sedangkan, arus dari sisi tengah yang arahnya berhadapan langsung dengan posisi hajar aswad, pula terus bergerak. 3 arus dari 3 arah sebaliknya, silih bertumbukan mengarah satu titik ialah hajar aswad.

hajar aswad cumalah suatu batu berdimensi panjang 25 centimeter dan juga lebar 17 centimeter. batu bercorak gelap yang ditempel di pojok selatan bangunan ka’bah. umar bin khatab juga sesungguhnya enggan mencium hajar aswad bila bukan karna rasulullah.
serupa diriwayatkan dalam hadist riwayat bukhari, umar mengatakan ‘’sesungguhnya saya menciummu dan juga saya ketahui kalau engkau cumalah batu. seandainya saya tidak memandang rasulullah menciummu, hingga tentu saya tidak hendak menciummu. ’’

jamaah perempuan itu menyerah. memilah menghindar dari pertarungan mencium hajar aswad. ini bisa jadi soal rezeki. seseorang sahabat sempat menceritakan soal rezeki tersebut.
kala pribadinya tidak berpikir mau dapat mencium hajar aswad, seketika terdapat suatu kekokohan yang mengangkut pribadinya kemudian menjatuhkannya pas di depan hajar aswad. " baunya amat wangi sekali, hingga masih teringat di dalam otak, wanginya hajar aswad, " katanya.

terdapat yang menuliskan tentang panduan supaya mampu mencium hajar aswad. dalam novel tata trik haji dan juga umrah yang benar, penulis mengatakan 19 langkah yang wajib dicoba supaya dapat mencium hajar aswad. tetapi, langkah kesatu ialah niatkan mencium hajar aswad cuma karna menjajaki sunnah rasulullah saw.

jarak cuma sejengkal lagi. tetapi seketika arus manusia berputar mendesak keluar sampai kesimpulannya diri ini terlepas dari pergumulan mencium tangan - nya. seseorang rekan coba membesarkan hati, ’tenang saja, masih banyak waktu. ’’

rasul tercinta - mu juga benar tidak sempat mengharuskan umatnya mencium hajar aswad. bila tidak sanggup menciumnya, cukuplah melambaikan isyarat dengan memakai tangan ke arah hajar aswad. tetapi ya rabb, sekali aja, izinkan hamba mencium tangan - mu.




[sumber: ayokhidupsehat. com]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman