TUTUP!!! Klik 2x...

5 Keutamaan Shalat Subuh yang Jarang Kita Ketahui

Salat subuh menggambarkan ibadah teratur yang harus dilaksanakan tiap muslim kala memulai hari. waktu ini merupakan dikala yang pas buat memperoleh rahmat dan juga ridha dari allah swt. terdapat banyak keutamaan dan juga khasiat yang dapat diperoleh dari kegiatan ibadah ini.

tetapi tidak dipungkiri kalau salat subuh jadi salah satu salat amat susah buat dijalankan oleh sebagian orang. tantangan kala memilah bangun dari pada menyingkap selimut kala dinginnya pagi menemukan apresiasi tertentu di mata allah swt.

tidak cuma pahala, terdapat banyak keutamaan yang dijanjikan allah untuk mereka yang teratur salat subuh. 5 keutamaan ini hendak membikin kita berpikir ulang kala hendak meninggalkan salat harus saat sebelum terbit matahari ini. apa aja? berikut ulasannya.

allah swt menjanjikan banyak pahala kepada mereka yang dengan tabah melangsungkan salah satu perintah - nya, ialah salat subuh. perihal ini tertuang dalam kalam - nya, tulisan angkatan laut (AL) kahfi: 28 yang maksudnya merupakan bagaikan berikut:

allah swt berfirman, ”dan bersabarlah kalian bersama - sama dengan orang - orang yang menyeru tuhannya di pagi dan juga senja hari dengan mengharap keridhaan - nya; dan juga janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karna) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan juga janganlah kalian menjajaki orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingat kami, dan menuruti hawa nafsunya dan juga merupakan keadaannya itu melewati batasan. ” (qs al - kahfi [18]: 28).

nabi muhammad saw dalam banyak sabdanya pula mengatakan keutamaan salah subuh. diantara sebagian sabda yang diungkapkan nabi saw merupakan bagaikan berikut.

1. surga yang dijanjikan
tidak dapat dipungkiri kalau banyak kalangan mukmin melalaikan salat subuh. opsi buat melanjutkan tidur benar merasa lebih nikmat. sementara itu terdapat kenikmatan sejati yang hendak kita miliki bila memelihara diri darui salat subuh. alasannya allah menjanjikan surga kepada mereka yang senantiasa melindungi salat harus 2 rakaat ini.

diriwayatkan dari abu musa angkatan laut (AL) asy’ari ra dia mengatakan rasulullah saw bersabda: ”barangsiapa yang shalat 2 waktu yang dingin hingga hendak masuk surga. ” (hr angkatan laut (AL) bukhari). 2 waktu yang dingin itu merupakan shalat subuh dan juga shalat ashar.

allah swt pula menarangkan dalam kalamnya dalam tulisan angkatan laut (AL) isra’ 78 yang maksudnya: “dirikanlah shalat dari seusai matahari tergelincir hingga hitam malam dan juga (dirikanlah pula shalat) shubuh. sebetulnya shalat shubuh tu disaksikan (oleh malaikat). ” (qs. al - isra’: 78).

ingatlah kalau kenikmatan surga tiada bandingnya bila dibanding dengan aman dan juga hangatnya selimut yang membikin kita kurang ingat melangsungkan ibadah pagi yang harus ini.

2. mampu memandang allah
mampu memandang allah? mungkinkah manusia dapat memandang dzat yang maha agung ini. tentu aja dapat, tetapi tidak dikala manusia menempuh kehidupan di dunia. tetapi, nanti dikala berposisi di surga, hingga allah hendak memperlihatkan pribadinya di hadapan hamba - hamba yang dikehendaki. tercantum di hadapan hamba - nya yang senantiasa melindungi shalat subuhnya.

perihal ini bersumber pada hadis rasulullah saw yang diriwayatkan bukhari dan juga muslim dari jarir bin abdullah ra maksudnya: ”kami lagi duduk berbarengan rasulullah saw, kala memandang bulan purnama. dia mengatakan, ”sungguh, kamu hendak memandang rabb kamu sebagaimana kamu memandang bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. apabila kamu sanggup, janganlah kamu menyerah dalam melaksanakan shalat saat sebelum terbit matahari dan juga shalat saat sebelum terbenam matahari. hingga lakukanlah. ” (hr angkatan laut (AL) bukhari dan juga muslim).

3. berposisi di dasar lindungan allah swt
tidak hanya 2 keutamaan tersebut, rasulullah pula menarangkan kalau melakukan salat subuh hendak membikin diri dilindungi oleh allah sepanjang seharian penuh. hadist ini diriwayatkan dari jundab bin sufyan, dimana rasulullah saw bersabda yang maksudnya:

”barangsiapa yang menunaikan shalat subuh hingga dia berposisi dalam jaminan allah. hingga jangan coba - coba membikin allah meyakinkan janji - nya. barangsiapa yang menewaskan orang yang menunaikan shalat subuh, allah hendak menuntutnya, sampai - sampai dia hendak membenamkan wajahnya ke dalam neraka. ” (hr muslim, at - tirmizi dan juga ibnu majah)

4. pahala shalat malam satu malam penuh
keutamaan lain yang hendak kita peroleh kala melindungi salat subuh merupakan menemukan pahalan salat satu malam penuh. tetapi ini berlaku buat mereka yang melangsungkan salat ini secara berjamaah. perihal ini setimpal dengan hadist riwayat muslim, dari utsman bin affan ra mengatakan; rasulullah saw bersabda yang maksudnya:

”barangsiapa yang shalat isya berjamaah hingga seakan - akan ia telah shalat separuh malam. dan juga barangsiapa shalat subuh berjamaah, hingga seakan - akan ia telah melakukan shalat malam satu malam penuh. ” (hr. muslim)

5. diampuni dosanya
allah swt menjanjikan pengampunan untuk mereka yang melangsungkan salat subuh. kemurahan allah swt yang senantiasa mengampuni hamba - hamba - nya yang meminta ampunan kala pagi hendak mulai menyingsing.

rasul saw bersabda “siapa aja senantiasa duduk di masjid sehabis melakukan 2 rekaat salat subuh hingga dia melakukan salat dhuha, dan juga dia tidak berucap kecuali yang baik, hingga dosa - dosanya hendak diampuni allah swt. , meski dosanya itu lebih banyak dari buih di lautan“ (hr. abu daud).





(sumber: infoyunik. com)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman