TUTUP!!! Klik 2x...

Akbar Maulana, Bisa Menghafal 30 Juz al-Quran Dalam 14 Hari, Ternyata Ini Rahasianya

Di depan ustad yang jadi pembimbingnya dalam program 30 hari menghafal alquran, yang dihelat di bangka belitung pada juni kemudian, t akbar maulana, menelepon si bunda di susoh, aceh barat energi (abdya). dia memperdengarkan hafalan terakhir yang menasbihkannya bagaikan khatmil (telah menamatkan teks alquran). sedangkan dari kejauhan, si bunda dan juga bapaknya terdengar menyambutnya dengan penuh haru sembari bersujud syukur.

prestasi gemiliang dan juga luar biasa itu dicapai akbar pas di umurnya yang ke - 17 tahun. “saya menjajaki program menghafal alquran dalam 30 hari buat mengisi masa libur. tetapi karna terlebih dahulu wajib menjajaki tes, hingga aku terlambat satu minggu. alhamdulilah aku dapat mengejar ketertinggalan dan juga kesimpulannya dapat hafal quran dalam 14 hari, ” cerah akbar didampingi keluarganya dikala berkunjung ke kantor setiap hari serambi indonesia banda aceh, sabtu (25/7).

metode menghafal
anak ke - 2 dari 3 bersaudara pendamping t djusri dan juga rina s ini tercatat bagaikan siswa kelas 3 di international anatolian imam khatip high school kayseri - turkey. menjajaki tarbiyah setara sma dan juga terpilih bagaikan penerima beasiswa pemerintah turki. dia bersyukur dan juga tidak ingin takabur kalau di umurnya yang masih muda belia sudah dapat menghafal 30 juzz alquran.

alumnus pesantren modern darul ulum, jambo tape, banda aceh itu mengaku kunci dari menghafal quran merupakan terdapatnya hasrat yang lurus, doa yang tulus, dan juga usaha yang sungguh - sungguh. “sedangkan tekniknya ialah hafal dahulu, hafal lagi, dan juga hafal terus. suatu metode simpel yang tidak sesederhana praktiknya.

3 minggu yang dihabiskan sepanjang di bangka belitung menorehkan pengalaman tidak terlupakan untuk diri akbar. dia merupakan angkatan ke - 3 yang menjajaki program besutan “sabahat quran” yang diiringi 46 partisipan se - indonesia. sebelumnya program yang diselenggarakan setahun 2 kali itu dihelat di bali dan juga bandung.

pemilihan tempat pula bukan tanpa sebab. panorama alam yang indah lagi asri dan pastinya jauh dari hiruk pikuk kota membikin akbar lebih gampang dalam menghafal. atmosfir itu terencana diciptakan supaya para calon hafiz terasa santai dan juga tidak terbeban. “keseringan menghafalnya di alam terbuka. dapat di ayunan ataupun sembari dayung perahu di danau. diselingi sama berolahraga dan juga rehat pula nyatanya, ” cerita akbar.

dengan bergairah bintang utama film dokumenter selfie jihad besutan suatu rumah penciptaan di jakarta ini membeberkan ritual pribadinya sepanjang menempuh program tersebut. dia mengawali hari dengan bangun dini hari jam 03. 30 waktu indonesia barat (WIB). kegiatan diawali dengan shalat tahajud yang dilanjutkan dengan mengaji, shalat subuh, dan juga baru setelah itu mulai menghafal quran.

buat melindungi energi, akbar pula kerab olahraga dan juga tidak kurang ingat makan dan juga rehat yang cukup. aktivitas menghafal berulang dilanjutkan pada jam 13. 00 - 17. 00 waktu indonesia barat (WIB). rehat sejenak dan juga lanjut lagi jam 19. 00 - 23. 00 waktu indonesia barat (WIB). dia biasa melahap hafalan 3 - 5 taman tiap harinya.

“selama di bangka belitung aku menghafal sampai 15 jam tiap harinya. saat sebelum masuk program ini, aku sudah hafal 7 juz. cuma aja waktu turut program itu benar lebih fokus karna banyak waktu dan juga kerap diberikan motivasi dan juga muhasabah pula supaya antusias, ” tutur akbar.

dia pula membeberkan tata cara yang lain bila mau jadi hafiz, di antara lain menghafal trik ustmani, trik menuliskan, trik per baris, trik per 5 taman, dan juga lain sebagainya. intinya akbar menegaskan, seluruh pekerjaan dimulai dengan hasrat. aktivitas menghafal diawali dengan membaca, menghafal, dan juga bukan sekadar menghafal melainkan diresapi dengan hati.

akbar yang bercita - cita jadi ustad yang multitalenta ini memiliki motto: enjoying your self with serious moving. tidak heran bila dia telah menorehkan segudang prestasi, baik di tingkatan lokal sampai asia. bagaikan jebolan pesantren modern kesohor di aceh yang saat ini menimba ilmu di turki, akbar memahami tidak kurang dari 5 bahasa, ialah bahasa aneuk jamee bagaikan bahasa bunda, bahasa indonesia, inggris, turki, dan juga paham bahasa thailand.

mengulang hafalan
akbar mengakui buat mengulang hafalan (murajaah) lebih susah dari pada dikala menghafal. tetapi dia sudah berniat melindungi hafalannya sampai nyawa terpisah dari raga. buat itu dia memiliki trik tertentu ialah mengulang hafalan per harinya satu juzz. ritual itu lazimnya dilakoni sepanjang satu jam pada serupa malam ataupun menjelang subuh dan satu jam menjelang tidur. baginya seperti itu waktu yang pas buat menghafal.

tidak hanya itu dia menganjurkan supaya tidak bergonta ubah alquran lantaran otak manusia dirancang buat merekam, tercantum merekam peletakan ayat. dapat pula mencampurkan sebagian tata cara sekalian ialah 30 % menghafal dengan suara, 40 % menghafal dalam hati, dan juga 30 % menghafal dengan mendengar (audio) yang dilantunkan oleh syeikh. yang terakhir disebutkan sekalian buat mengoreksi bila terdapat teks yang salah.

hafiz muda itu memohon doa supaya pribadinya senantiasa istiqamah dan juga tidak takabur. ibunya, rina s jadi “madrasah” kesatu akbar saat sebelum pribadinya mengenyam tarbiyah di luar. walaupun bukan terlahir dari keluarga hafiz - hafizah, tetapi kedua orang tuanya yang bersama menjabat bagaikan guru, menanamkan tarbiyah berkarakter sedari kecil.

maha besar allah dengan seluruh firman - nya





(sumber: tribunnews. com)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman