TUTUP!!! Klik 2x...

Apakah Suami Istri Kembali Bersatu di Surga Kelak Ini Penjelasan Detail Serta Haditsnya

persoalan:
akankah seseorang istri hendak berkumpul berulang dengan suaminya di surga nanti? akankah mereka tinggal bersama - sama lagi?

jawab:
alhamdulillah,

1.
benar. seseorang istri hendak bersatu berulang dengan suaminya di surga nanti terlebih lagi bersama - sama anak keturunannya baik pria dan juga wanita sepanjang mereka beragama isalam (mentauhidkan allah - pen). perihal ini didasarkan pada firman allah ta’ala,
والذين آمنوا واتبعتهم ذريتهم بإيمان ألحقنا بهم ذريتهم وما ألتناهم من عملهم من شيء

” dan juga orang - orang beriman, berserta anak cucu mereka yang menjajaki mereka dalam keimanan. kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga) dan juga kami tidak kurangi sedkitpun pahala amal (kebajikan) mereka. ” (qs. ath thur: 21).

allah menggambarkan diantara doa malaikat pemikul ‘arsy,
ربنا وأدخلهم جنات عدن التي وعدتهم ومَن صلح مِن آبائهم وأزواجهم وذرياتهم إنك أنت العزيز الحكيم

“ya rabb kami masukanlah mereka ke dalam surga ‘adn yang telah engkau janjikan kepada mereka dan juga orang shalih diantara nenek moyang mereka, istri - istri dan juga anak generasi mereka. begitu engkau maha perkasa lagi maha bijaksana. ” (qs. ghafir: 8)

ibnu katsir rahimahullah menarangkan,

“allah ta’ala hendak mengumpulkan mereka berserta anak keturunannya supaya melegakan pemikiran mereka karna berkumpul pada satu peran yang bersebelahan. sebagaimana firman allah ta’ala, yang maksudnya,

“dan orang - orang beriman, berserta anak cucu mereka yang menjajaki mereka dalam keimanan. kami pertemukan mereka dengan anak cucu mereka (di dalam surga) dan juga kami tidak kurangi sedikitpun pahala amal (kebajikan) mereka. ”

maksudnya, hendak kami samakan mereka pada satu peran supaya mereka (orang yg berkedudukan lebih tinggi - pen) terasa tenang. bukan dengan kurangi peran mereka yang lebih besar, sampai - sampai dapat setara dengan mereka yang rendah perannya, tetapi dengan kami angkat derajat orang yang amalnya kurang, sampai - sampai kami samakan ia dengan derajat orang yang banyak amalnya. bagaikan wujud karunia dan juga kenikmatan yang kami bagikan.

said bin jubair berkata, “tatkala seseorang mukmin merambah surga hingga dia hendak menanyakan tentang ayahnya, anak - anaknya dan juga saudara - saudaranya dimanakah mereka? hingga dikatakan kepadanya kalau mereka seluruh tidak hingga pada derajatmu di surga. hingga orang mukmin tersebut menanggapi ‘sesungguhnya pahala amal kebaikanku ini untukku dan juga buat mereka. ’ hingga mereka (keluarganya) dipertemukan pada satu peran dengannya. ” (tafsir ibn katsir, 4/73).

2.
kita sedikitpun tidak hendak hingga mengira, kala terdapat orang yang allah masukkan ke dalam surga, allah hilangkan watak kebencian dari hatinya, setelah itu ia lebih memilah berpisah.

dan juga kita bukanlah ketahui tentang seorang yang telah allah takdirkan dia merambah surga dan juga telah dicabut kerasa dengki di hati mereka tetapi mereka memilah berpisah daripada bersatu berulang.

3.
apabila perempuan tersebut belum sempat menikah tatkala di dunia hingga allah hendak menikahkannya dengan pria yang amat ia cintai di surga. orang yang menemukan kenikmatan di surga bukanlah terbatas pria aja, tetapi buat pria dan juga wanita. dan juga diantara wujud kenikmatan surga merupakan menikah. demikian nukilan dari majmu’ fatawa ibni ‘utsaimin (2/53). dan juga di dalam surga tidak terdapat oranng yang melajang.

wallahu a’lam

sumber: muslimah. or. id












(sumber: wajibbaca. com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman