TUTUP!!! Klik 2x...

Jika Santri dan Pesantren Tidak Ada, Indonesia Runtuh

Di tanah jawa ini, yang amat ditakuti (penjajah) belanda merupakan santri dan juga tarekat (thariqah). terdapat seseorang santri yang pula pemeluk thariqah, namanya abdul hamid. dia lahir di dusun tegalrejo, kecamatan tegalrejo, yogyakarta. mondok kesatu kali di tegalsari, jetis, ponorogo kepada kh. hasan besari.

abdul hamid ngaji kitab kuning kepada kyai taftazani kertosuro. ngaji tafsir jalalain kepada kh. baidlowi bagelen yang dikebumikan di glodegan, bantul, jogjakarta. terakhir abdul hamid ngaji ilmu hikmah kepada kh. nur muhammad ngadiwongso, salaman, magelang. di wilayah eks karesidenan kedu (temanggung, magelang, wonosobo, purworejo, kebumen) , nama kh. nur muhammad yang masyhur terdapat 2, yang satu kh. nur muhammad ngadiwongso, salaman, magelang dan juga satunya lagi kh. nur muhammad alang - alang ombo, pituruh, yang banyak merendahkan kyai di purworejo.

abdul hamid amat berani dalam berperang melawan penjajah belanda sepanjang 5 tahun, 1825 - 1830. belanda resah mengalami perang diponegoro. dalam kurun 5 tahun itu, duit kas hindia belanda habis, terlebih lagi memiliki banyak hutang luar negara. meter. abdul hamid meninggal dan juga dikebumikan di makassar, dekat tepi laut losari. abdul hamid merupakan putra sultan hamengkubuwono ke - iii dari istri pangeran diponegoro. pacitan, jawa timur. abdul hamid patungnya mengenakan jubah dipasang di alun - alun kota magelang. jadi nama di kodam jawa tengah.

nama aslinya abdul hamid. nama populernya diponegoro. ada juga nama selengkapnya merupakan kyai haji (kh) bendoro raden mas abdul hamid ontowiryo mustahar herucokro senopati ing alogo sayyidin pranotogomo amirul mu’minin khalifatullah tanah jawi pangeran diponegoro pahlawan goa selarong. hingga bila kamu berangkat ke magelang dan juga memandang kamar diponegoro di eks - karesidenan kedu, sebutan saat ini di bakorwil, terdapat 3 peningalan diponegoro: al - quran, tasbeh dan juga taqrib (kitab fath al - qarib).

mengapa al - quran? diponegoro merupakan seseorang muslim. mengapa tasbih? diponegoro seseorang pakar dzikir, dan juga terlebih lagi pemeluk thariqah. habib luthfi bin ali bin yahya pekalongan berkata kalau diponegoro seseorang mursyid thariqah qadiriyyah. berikutnya yang ketiga, taqrib matan abu syuja’, ialah kitab kuning yang digunakan di pesantren bermadzhab syafi’i. jadi pangeran diponegoro bermadzhab syafi’i. hingga, karna bermadhab syafi’i, diponegoro shalat tarawih 20 rakaat, shalat shubuh mengenakan doa qunut, jum’atan adzan 2 kali, tercantum shalat ied - nya di masjid, bukan di tegalan (lapangan).

aku amat menghormati dan juga menghargai orang yang berubah madzhab dan juga komentar. hendak namun, tolong, sejarah sampaikan apa terdapatnya. jangan ditutup - tutupi kalau pangeran diponegoro bermadzhab syafi’i. hingga 3 tinggalan pangeran diponegoro ini tercermin dalam pondok - pondok pesantren.

dahulu terdapat tokoh tarbiyah nasional bernama douwes dekker. siapa itu douwes dekker? danudirja setiabudi. mereka yang belajar sejarah, seluruhnya tahu. (leluhur) douwes dekker itu seseorang belanda yang dikirim ke indonesia buat mengganggu bangsa kita. tetapi kala douwes dekker berhubungan dengan para kyai dan juga santri, mindset - nya berbeda, yang semula mau mengganggu kita malah bergabung dengan pergerakan bangsa kita.

terlebih lagi kadang - kadang douwes dekker, antusias kebangsaannya melebihi bangsa kita seorang diri. douwes dekker sempat mengatakan dalam bukunya: “kalau tidak terdapat kyai dan juga pondok pesantren, hingga patriotisme bangsa indonesia sudah sirna berhamburan. ”

siapa yang berdialog? douwes dekker, orang yang belum sempat nyantri di pondok pesantren. seumpanya yang berdialog aku, tentu terdapat yang berpendapat: “hanya supaya pondok pesantren laku. ” tetapi bahwa yang berdialog orang “luar”, ini penemuan apa terdapatnya, tidak dibuat - buat. hingga, kembalilah ke pesantren.

ki hajar dewantara (suwardi suryaningrat) itu merupakan santri. tidak cuma diponegoro anak bangsa yang dididik para ulama jadi tokoh bangsa. antara lain, di jogjakarta terdapat seseorang kyai bernama romo kyai sulaiman zainudin di kalasan prambanan. memiliki santri banyak, salah satunya bernama suwardi suryaningrat.

suwardi suryaningrat ini setelah itu oleh pemerintah dinaikan jadi ayah tarbiyah nasional yang populer dengan nama ki hajar dewantara. jadi, ki hajar dewantara itu santri, ngaji, murid seseorang kyai. sayangnya, sejarah ki hajar mengaji al - quran tidak sempat diterangkan di sekolah - sekolah, yang diterangkan cuma ing ngarso sun tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani. itu sudah baik, tetapi belum komplit. belum utuh. hingga nantinya, buat rekan - rekan guru, mohon diterangkan kalau ki hajar dewantara tidak hanya memiliki ajaran tut wuri handayani, pula memiliki ajaran al - quran al - karim.

sayyid husein al - mutahhar merupakan cucu nabi yang patriotis. malah - malah, kala indonesia merdeka, terdapat sayyid masyarakat kauman semarang yang mengajak bangsa kita buat bersyukur. si sayyid tersebut menyusun lagu syukur. dalam pelajaran sekolah dasar disebutkan habib husein al - mutahar yang menghasilkan lagu syukur. dia merupakan pakdenya habib umar muthahar sh semarang. jadi, yang menghasilkan lagu syukur yang kita seluruh hafal merupakan seseorang sayyid, cucu baginda nabi saw. ayo kita nyanyikan bersama - sama:

dari yakinku teguh
hati ikhlasku penuh
hendak karuniamu
tanah air pusaka
indonesia merdeka
syukur saya sembahkan
ke hadiratmu tuhan.

itu yang menyusun cucu nabi, sayyid husein muthahar, masyarakat kauman semarang. kesimpulannya oleh pemerintah waktu itu dinaikan jadi dirjen pemuda dan juga berolahraga. terakhir oleh pemerintah dipercaya jadi duta besar di vatikan, negeri yang berpenduduk katholik. di vatikan, habib husein tidak larut dengan keadaan, malah justeru membangun masjid.

malah - malah, habib husein muthahar menyusun lagu yang kira - kira se - indonesia hafal seluruh. sesuatu kala habib husein muthahar lagi duduk, kemudian mendengar adzan shalat dzuhur. hingga pada kalimat hayya ‘alasshalâh, terngiang suara adzan. hingga sehabis shalat berjamaah, masih pula terngiang.

kesimpulannya hatinya terdorong buat membikin lagu yang cengkoknya mirip adzan, terdapat “s”nya, “a”nya, “h”nya. setelah itu pena berjalan, tertulislah:

17 agustus tahun 45
seperti itu hari kemerdekaan kita
hari merdeka nusa dan juga bangsa
hari lahirnya bangsa indonesia
merdeka
sekali merdeka tertap merdeka
sepanjang hayat masih dikandung badan
kita senantiasa setia, senantiasa setia
mempertahankan indonesia
kita senantiasa setia, senantiasa setia
membela negeri kita.

hingga kedudukan para kyai dan juga para sayyid tidak sedikit dalam pembinaan patriotisme bangsa. jadi, kamu jangan ragu bila bakal mengirim anak - anaknya ke pondok pesantren. malahan, bung karno, kala ingin membaca bacaan proklamasi di pegangsaan timur jakarta, memohon didampingi putra kyai. tampillah putra seseorang kyai, dari kampung batuampar, mayakumbung, sumatera barat. siapa dia? h. mohammad hatta putra seseorang kyai. bung hatta merupakan putra ustadz kiai haji jamil, guru thariqah naqsyabandiyyah kholidiyyah.

sayang, sejarah bung hatta merupakan putra kyai dan juga putra pemeluk thariqah tidak sempat dipaparkan di sekolah, yang diterangkan cuma ayah koperasi. mulai saat ini, ayo kita terangkan sejarah dengan utuh. jangan sekali - kali memotong sejarah. bila kamu memotong sejarah, sesuatu dikala, sejarah kamu hendak dipotong oleh allah swt.

kesimpulannya, bung hatta jadi wakil presiden kesatu. pesan berarti untuk santri, belajar dari mbah mahrus aly. hingga, jangan berkecil hati mengirim putra - putri kamu di pondok - pesantren. santri - santri an - nawawi di tempat aku, aku nasehati begini:

“kamu mondok di mari tidak harus berpikir macam - macam, yang berarti ngaji dan juga sekolah. tidak harus berpikir esok jadi apa, yang hendak menjadikan gusti allah. ”

kala aku dahulu nyantri di lirboyo, tidak berpikir ingin jadi apa, yang berarti ngaji, nderes (baca al - quran) , menghafalkan nadzaman kitab dan juga shalat jamaah. nyatanya aku pula jadi manusia, malahan dapat melenggang ke gedung mpr di senayan. tidak harus dipikir, yang menjadikan gusti allah. tugas kita yakni melakukan kewajiban dari allah swt. allah mengharuskan kita buat menuntut ilmu, kita menuntut ilmu.

bila kewajiban dari allah sudah dilaksanakan, hingga allah yang hendak menata. bila allah yang menata sudah tentu sip, begitu aja. bila yang menata kita, belum tentu sip. butuh putra - putri kamu dalam menuntut ilmu, berpisah dengan orangtua.

kh. mahrus aly lirboyo sempat dawuh: “nek ngaji kok nempel wongtuo, ora temu - temuo. ” (bila mengaji masih berbarengan dengan orangtua, tidak hendak kilat berusia). hingga masukkanlah ke pesantren, supaya kilat berusia pikirannya. itu yang ngendiko (mengatakan) kyai mahrus lirboyo, kediri.

source: ceramah kh. chalwani nawawi, berjan, purworejo, dialihtulisankan oleh ahmad naufa khoirul faizun, pengelola web ahmadnaufa. wordpress. com dansantrinusantara. com.




(sumber: dutaislam. com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman