TUTUP!!! Klik 2x...

15 Manfaat Mengerjakan Sholat Tahajud

Sholat tahajud mempunyai khasiat yang amat besar bila dikerjakan secara teratur tiap malam. karna khasiat ini pula, kenapa sampai - sampai sholat tahajud amat diajarkan untuk umat muslim. banyak dalil - dalil, baik itu al - qur’an ataupun hadis yang membagikan uraian tentang isi khasiat yang dipunyai oleh sholat sepertiga malam ini. sebagian antara lain serupa, penghapus dosa, pembuka rejeki, pengabul doa, dan juga masih banyak lagi.

pastinya, seluruh itu cuma mampu diraih bila kita giat buat bertahajud. bisa jadi, ini pula yang jadi karena, rasulullah di sejauh hidupnya tidak sempat meninggalkan sholat tahajud. terlebih lagi, dalam suatu riwayat dikatakan kalau, saat sebelum sholat 5 waktu diharuskan kepada rasulullah, perintah melakukan sholat tahajudlah yang kesatu kali diterima oleh dia dari allah swt.

lalu, apa khasiat dari melakukan sholat tahajud? nah, topik inilah yang jadi modul ulasan kita kali ini. sebagian dari khasiat tersebut telah kami sebutkan di atas. setimpal dengan judul informasi ini, hingga kami hendak membagikan sekurang - kurangnya 15 khasiat mengerjakan sholat tahajud, selamat membaca.

khasiat yang hendak di miliki kala melakukan sholat tahajud, di antara lain:

1. dikabulkannya doa - doa
khasiat sholat tahajud yang kesatu merupakan dikabulkannya doa - doa. serupa yang kita ketahuai, sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari seusai tidur terlebih dulu karna makna kata tahajud merupakan bangun pada malam hari. amat utama, sholat tahajud yang dikerjakan pada sepertiga malam hingga menjelang masuk waktu sholat subuh. pada waktu inilah allah swt mengabulkan doa - doa hambanya. perihal ini bersumber pada penjelasan hadis nabi:

“perintah allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, kemudian berseru, terdapatkah orang - orang yang meminta (berdoa) tentu hendak kukabulakn, terdapatkah orang yang memohon, tentu hendak kuberikan dan juga terdapatkah yang mengharap ampunan, tentu hendak kuampuni menurutnya hingga datang waktu subuh. ” (al - hadis).

2. allah mengangkut derajat ke tempat yang terpuji
khasiat sholat tahajud yang kedua merupakan allah swt hendak mengangkut derajat ke tempat yang terpuji. penjelasan tentang ini mampu kita baca dalam al - qur’an tulisan al - isra’ ayat 79:

“dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kalian bagaikan sesuatu ibadah ekstra bagimu; mudah - mudahan tuhan - mu mengangkut kalian ke tempat yang terpuji. ” (qs a1 - isra [17]: 79).

tidak hanya itu, penjelasan lain mampu ditemui dalam hadis rasulullah yang diriwayatkan abi darda ra, kalau rasulullah bersabda:

“ada 3 berbagai manusia, allah swt menyayangi mereka, tersenyum kepada mereka, dan juga terasa bahagia dengan mereka, ialah salah satunya merupakan orang yang mempunyai istri menawan dan tempat tidur lembut dan juga bagus. setelah itu dia bangun malam (buat sholat) , kemudian allah swt mengatakan: ‘ia meninggalkan kesenangannya dan juga mengingat saya. seandainya dia berkehendak, hingga dia hendak tidur. ” (riwayat ath - thabrani).

3. mendekatkan diri kepada allah
khasiat sholat tahajud yang ketiga merupakan bagaikan media buat mendekatkan diri kepada allah swt. perihal ini dikuatkan melalui penjelasan hadis rasullullah saw:

“hendaklah kamu melakukan sholat malam karna sholat malam itu menggambarkan kerutinan orang - orang shaleh saat sebelum kamu, ibadah yang mendekatkan diri kepada tuhan kamu, dan penutup kesalahan dan juga penghapus dosa. ” (hr. tirmidzi, al - hakim, baihaqi. dihasankan oleh syaikh al - albani dalam irwaa angkatan laut (AL) ghalil).

dalam riwayat yang lain, dikatakan kalau jibril sempat mengatakan kepada rasulullah saw:

“hai muhammad, kemuliaan orang beriman terdapat dengan sholat malam. dan juga kegagahan orang beriman merupakan perilaku mandiri dari dorongan orang lain”. (silsilah al - hadis ash - shahihah).

4. mendapatkan bermacam kemuliaan
khasiat sholat tahajud yang keempat merupakan hendak mendapatkan bermacam kemuliaan. perihal ini diperkuat bersumber pada penjelasan hadis rasulullah saw, yang bersabda:

“barangsiapa melakukan sholat tahajud dengan sebaik - baiknya, dan juga dengan tata tertib yang apik, hingga allah swt hendak membagikan 9 berbagai kemuliaan: 5 berbagai di dunia dan juga 4 berbagai di akhirat. ”

ada juga 5 keutamaan di dunia itu merupakan hendak dipelihara oleh allah swt dari seluruh berbagai musibah, ciri ketaatannya hendak nampak nampak di wajahnya, hendak dicintai para hamba allah yan shaleh dan juga dicintai oleh seluruh manusia, lidahnya hendak sanggup mengucapkan perkata yang memiliki hikmah dan juga hendak diperuntukan orang bijaksana, ialah diberi uraian dalam agama.

5. mengusir penyakit dan juga tingkatkan imunitas tubuh
khasiat sholat tahajud yang kelima merupakan mampu mengusir bermacam penyakit dan juga di dikala yang sama tingkatkan imunitas badan. sedikit yang menyadari kalau kepatuhan kita mengerjakan ritual keagamaan misalnya sholat tahajud hendak membagikan pengaruh pada meningkatnya sistem imunitas badan. perihal ini bersumber pada riset yang dicoba oleh profesor. dokter. mohammad shaleh. lebih lanjut dia berkata kalau di dikala yang sama kala imunitas badan sudah bertambah, spontan seluruh penyakit yang menyerah hendak musnah dengan sendirinya.

6. menjauhkan diri dari kelalaian hati
khasiat sholat tahajud yang keenam merupakan menjauhkan diri dari kelalaian hati. uraian tentang ini mampu ditemui dalam hadis rasulullah saw yang berbunyi:

“barang siapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, hingga dia tidak hendak dicatat bagaikan orang lalai. dan juga apabila membaca 2 ratus ayat, hingga begitu dia hendak dicatat bagaikan orang yang senantiasa taat dan juga ikhlas. ” (al - hakim dalam kitab al - mustadrak).

7. menang dalam jihad melawan musuh
khasiat sholat tahajud yang ketujuh merupakan mencapai kemenangan dalam jihad melawan musuh. musuh terbanyak dalam diri manusia merupakan hawa nafsu. melakukan sholat tahajud bisa jadi agak berat untuk sebagian orang karna memandang waktu pengerjaannya pada jam - jam dimana kita lazimnya tertidur pulas. godaan buat melanjutkan tidur nyatanya amat besar di waktu tersebut. hingga dari itu, orang yang bangun dari tidurnya buat melakukan sholat tahajud berarti dia telah sukses melawan godaan dalam pribadinya demi beribadah kepada allah swt.

8. meringankan lamanya berdiri pada hari kiamat
khasiat sholat tahajud yang kedelapan merupakan meringankan kita kala berdiri pada hari kiamat nanti. penjelasan tentang ini setimpal yang sempat diungkapkan ibnu abbas ra, yang mengatakan:

“barang siapa yang bahagia apabila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh allah, hingga hendaklah dia memperlihatkan pribadinya kepada allah di malam hari dengan sujud dan juga berdiri mengingat hari akhir. ” (ibnu jarir ath - thabari, tafsir ibnu jarir).

9. menghindari perbuatan dosa dan juga menghapus kejahatan
khasiat sholat tahajud yang kesembilan merupakan mampu menghindari diri dari perbuatan dosa dan juga menghapus kejahatan. ini setimpal dengan sabda rasulullah saw yang diriwayatkan oleh abu umamah al - bahli ra, yang berbunyi:

“hendakah kamu mengerjakan qiyaamullail, sebetulnya dia merupakan kerutinan orang - orang shaleh saat sebelum kamu, mendekati diri kepada allah ta’ala, menghindari perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan juga mencegah penyakit dari tubuh. ” (diriwayatkan at - turmudzi, al - hakim)

10. wajah nampak berkilau dan juga bercahaya
khasiat sholat tahajud yang kesepuluh merupakan membikin wajah berkilau dan juga bercahaya. tentang ini, sempat sesuatu kala hasan al - basri ra ditanya oleh seorang, “mengapa orang yang bertahajud di waktu malam mempunyai wajah yang bagus? ”. hasan basri menanggapi:

“karena mereka menyendiri berbarengan tuhan - nya pada malam hari, setelah itu allah membagikan kepada mereka sebagian dari cahaya - nya. ” (al - maqrizi, mukhtasar qiyaamallail).

terpaut dengan ini pula, imam ibnul qayyim sempat mengatakan:

“sesungguhnya sholat malam itu mampu membagikan cahaya yang nampak di muka dan juga membaguskannya. sebagian istri perbanyak melakukan sholat malam. kala ditanyakan kepada mereka menimpa perihal tersebut, mereka menanggapi, ‘sholat malam itu mampu membaguskan muka dan juga kami bahagia apabila muka kami jadi lebih bagus”.

11. mampu melancarkan aliran darah
khasiat sholat tahajud yang kesebelas merupakan mampu melancarkan aliran darah dalam badan. bangun pada jam 02. 30 buat melakukan sholat tahajud nyatanya amat berguna untuk badan. pada waktu tersebut, hawa disekitar amat fresh leluasa dari polusi. pada dikala itu pula, badan memiliki peluang buat menggerak - gerakkan segala otot yang membikin badan lebih fresh dan juga aliran darah merasa lebih bisa dengan mudah.

12. jaminan masuk surga
khasiat sholat tahajud ke - 12 merupakan menemukan jaminan masuk surga. ini setimpal dengan penjelasan dari sabda rasulullah saw, yang berbunyi:

“wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah dikala orang pada terlelap, hingga masuklah surga dengan selamat”. (hr. al - hakim, ibnu majah, at - tirmidzi).

13. dicintai allah swt
khasiat sholat tahajud yang ke - 13 merupakan hendak mendapatkan cinta allah swt. orang yang bertahajud, memilah bangun di tengah malam dan juga meninggalkan tidur yang aman demi buat bersujud dihadapan si pencipta. seluruh pengampunan allah hendak dikasih pada orang bertahajud tersebut. perihal ini tentu aja diakibatkan oleh allah swt telah menyayangi mereka.

14. penyelamat dari siksa neraka
khasiat sholat tahajud yang ke - 14 merupakan mampu menyelamatkan diri dari siksa api neraka. tentang ini, ibnu umar r. a sempat meriwayatkan kalau pada masa rasulullah saw, kala seorang bermimpi, dia hendak menggambarkan mimpi tersebut ke rasulullah saw. saya juga berharap menemukan mimpi yang mampu kuceritakan kepada rasulullah saw. ia mengatakan,

“aku merupakan seseorang anak muda perjaka. saya tidur di masjid pada rasululullah saw, hingga saya bermimpi seakan - akan 2 malaikat mengambilku dan juga membawaku ke neraka, nyatanya dia merupakan bangunan serupa bangunan sumur. dia mempunyai 2 palang serupa palang sumur. di dalamnya ada manusia yang telah saya tahu. hingga saya mulai mengucapkan, ‘aku berlindung dengan nama allah dari neraka’. setelah itu seseorang malaikat menemui keduanya, hingga ia mengatakan kepadaku, ‘janganlah cemas! ’ (mimpi ini) saya ceritakan kepada hafshah, hingga hafshah menceritakannya kepada rasulullah dan juga dia bersabda, “sebaik - baik lelaki merupakan abdullah, andaikata ia mengerjakan sholat pada waktu malam. ” salim mengatakan, ‘setelah itu abdullah tidak tidur pada malam hari kecuali cuma sebentar. ” (hr bukhari dan juga muslim).

15. pemicu husnul khatimah
khasiat sholat tahajud yang ke - 15 merupakan seseorang hamba hendak mencapai husnul khatimah di dikala ajal menjemputnya. kita seluruh menyadari kalau seluruh yang bernyawa tentu hendak berpisah dan juga meninggalkan dunia ini mengarah tempat abadi di akhirat. sholat tahajud sanga berguna untuk siapa aja yang mengerjakannya, karna sholat ini dapat menolong orang tersebut buat menggapai husnul khatimah.

mudah - mudahan kedatangan 15 khasiat mengerjakan sholat tahajud di atas, hendak membikin kita seluruh lebih bergairah dalam melangsungkan ibadah sholat tahajud. pastinya, seluruh khasiat ini sayang buat kita sia - siakan. sholat tahajud ibarat hadiah dari allah swt buat kita seluruh, hingga berbahagialah kita bagaikan hamba allah, selamat bertahajud.




(sumber: ilmusiana. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman