TUTUP!!! Klik 2x...

4 Keutamaan Ayat Kursi Sebagai Surat Teragung Dalam al-Quran

Ayat kursi ini mempunyai peran yang amat agung. dalam hadits shahih dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan kalau dia menggambarkan ayat teragung yang ada dalam al - quran

ayat kursi merupakan ayat yang terletak dalam tulisan (AL) baqarah ayat 255:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“allah, tidak terdapat tuhan (yang berhak disembah) melainkan ia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk - nya) ; tidak mengantuk dan juga tidak tidur. kepunyaan - nya apa yang di langit dan juga di bumi. tiada yang mampu berikan syafa’at di sisi allah tanpa izin - nya? allah mengenali apa - apa yang di hadapan mereka dan juga di balik mereka, dan juga mereka tidak mengenali apa - apa dari ilmu allah melainkan apa yang dikehendaki - nya. kursi allah meliputi langit dan juga bumi. dan juga allah tidak terasa berat memelihara keduanya, dan juga allah maha besar lagi maha besar“

di dalamnya ada pemaparan 3 berbagai tauhid: tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan juga tauhid nama dan juga watak allah.

ibnu katsir dalam tafsirnya menarangkan, “ayat kursi ini mempunyai peran yang amat agung. dalam hadits shahih dari rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam disebutkan kalau dia menggambarkan ayat teragung yang ada dalam al - quran” (tafsir al - quran al - ‘azhim).

banyak sekali keutamaan dari ayat kursi. penulis hendak menguraikan sebagian aja dari keutamaan dari ayat kursi.

1. ayat yang amat agung dalam al - quran
sebagaimana yang terdapat pada persoalan yang diajukan oleh rasulullah kepada ubay bin ka’ab, “ayat mana yang amat agung dalam kitabullah? ” ubay menanggapi, “ayat kursi. ” hingga dia shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada ubay setelah itu mengatakan, “wahai abu mundzir, mudah - mudahan engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki. ” (hr. muslim).

ayat kursi dikategorikan bagaikan ayat yang amat agung karna di dalamnya ada nama allah yang amat agung, ialah (AL) hayyu dan juga (AL) qayyum. tetapi ulama berselisih komentar manakah nama allah yang amat agung.

2. keagungannya melebihi langit dan juga bumi
rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “tidaklah allah menghasilkan langit dan juga bumi melebihi agungnya ayat kursi (karna di dalam ayat tersebut telah mencakup nama dan juga watak allah) ”

sufyan ats - tsauri mengatakan, “sebab ayat kursi menggambarkan (salah satu) kalamullah (perkataan allah) , sebaliknya kalamullah itu lebih agung dari ciptaan allah yang berbentuk langit dan juga bumi” (hr. at - tirmidzi)

3. salah satu teks dzikir saat sebelum tidur
rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “apabila engkau menghadiri tempat tidur (di malam hari) , bacalah ayat kursi, tentu allah hendak tetap menjagamu dan juga setan tidak hendak mendekatimu sampai waktu pagi” (hr. al - bukhari).

jadikanlah ayat kursi bagaikan dzikir teratur yang dibaca kala bakal tidur. tidak hanya itu, ayat kursi pula tercantum teks dzikir pagi dan juga petang.

4. salah satu karena masuk surga
rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “barangsiapa yang membaca ayat kursi sehabis tuntas shalat, hingga tidak terdapat yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (hr. an nasa - i, dinilai shahih oleh syaikh al - albani).

sebagian hadits di atas menampilkan keutamaan ayat kursi. apabila kita merutinkannya, hingga kita hendak memperoleh keutamaan yang amat banyak. sebaiknya tiap muslim bergairah buat perihal yang berguna untuk pribadinya, terkhusus buat akhiratnya. ayat kursi seorang diri tidaklah ayat yang panjang dan juga susah buat dihapal. mudah - mudahan allah mudahkan kita buat mengamalkannya. wallahul muwaffiq.




(sumber: wajibbaca. com)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman