TUTUP!!! Klik 2x...

Inilah Orang Indonesia Pertama Yang Menjadi Imam Besar Masjidil Haram

Sepanjang ini bisa jadi kita menyangka kalau cuma orang arab aja yang dapat jadi imam besar di masjidil haram makkah. tetapi mengerti kah kalian, nyatanya masyarakat asli indonesia tepatnya putra asli minangkabau ini sempat dinaikan jadi imam, khatib, sekalian guru besar di situ?

tentu penasaran, siapa gerangan ulama ini.. . dia merupakan syaikh ahmad khatib al - minangkabawi rahimahullah. ayo kita baca biografi pendek dia ini.

syaikh khatib al - minangkabawi jadi imam besar di masjidil haram sekalian mufti bermadzhab syafii buat wilayah makkah pada waktu itu. dia berwenang buat membagikan fatwa pada umat islam di akhir abad ke - 19.

dia berdarah koto gadang, suatu desa yang diketahui memiliki keunikan dan juga warganya populer amat kritis di masa kolonialisme. syaikh khatib lahir di sumatera barat pada bertepatan pada 26 juni 1860. dia berangkat dari desa kelahirannya demi menuntut ilmu ke kota suci makkah di dikala umurnya masih amat belia, 9 tahun!

islamsejati - sesampainya di makkah, dia berguru dengan sebagian ulama masyhur disitu. saking alimnya, syaikh khatib diperuntukan mufti di makkah dan juga dia memiliki majelis ilmu di tiang tengah masjidil haram pada waktu itu.

muridnya begitu banyak. tiap hari, ratusan ribu kalangan muslimin tiba pada dia buat memohon fatwa dan juga memohon dianjurkan ilmu fiqih syafiiyah. 2 diantara ratusan ribu muridnya tentu kalian sudah akrab. mereka merupakan hadratus syaikh kyai haji hasyim asyari yang menggambarkan pendiri organisasi nahdatul ulama, dan juga kyai haji ahmad dahlan, pendiri kesatu organisasi islam muhammadiyah.

bukan cuma ilmu fiqih syafii yang dia kuasai, syaikh khatib pula memahami sejarah, astronomi islam, berhitung, aljabar, dan geometri. masyaallah.. begitu luas ilmunya.

awal mulanya, syaikh khatib kecil mengawali belajar agama pada bapak seorang diri, syeikh abdul latif. semenjak kecil dia sudah khatam dan juga hafal alquran 30 juz di umur 6 tahun.

syaikh khatib, orang indonesia kesatu yang jadi imam besar di masjidil haram asal minangkabau ini menghembuskan napas terakhirnya pada bertepatan pada 13 maret 1916. sampai dikala ini, nama besar dia masih terngiang paling utama di golongan santri dan juga penerus madzhab syafii.

kita bagaikan orang indonesia ikut bangga dengan nama besar dia. terlebih dia tidak kurang ingat dengan bahasa minang walaupun jadi imam besar di makkah. subhanallah.. luar biasa! !





(sumber: mozaikislam . com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman