TUTUP!!! Klik 2x...

Keberkahan dan Kemuliaan yang Dilimpahkan Allah Untuk Kabah Sebagai Kiblat Umat Islam

Komentar yang tumbuh di golongan para ulama dan juga ahli sejarah islam berkata kalau dinamakan ka’bah karna berupa kubus. mereka pula berkata kalau wujud kubus itu tidaklah tanpa sebab, melainkan didesain sedemikian rupa mengingat letak geografisnya di bumi sejajar dengan letak baitulma’mur di langit. apakah baitulma’mur itu? demikian istimewanya tempat itu, sampai - sampai allah swt. bersumpah dengannya dalam al - qur’an :


وَالْبَيْتِ الْمَعْمُوْرِ

“dan demi baitulma’mur. ” (qs. at - thur : 4)

ibnu abbas dan juga kebanyakan mufasir memandang kalau baitulma’mur merupakan suatu bangunan di langit keempat yang sejajar dengan ka’bah. allah swt. menamakannya baitulma’mur karna para malaikat memakmurkan tempat itu dengan melaksanakan ibadah dan juga bertasbih kepada allah swt. secara selalu. terlebih lagi bagi sayyidina ali bin abu thalib ra. , sebanyak 70 ribu malaikat memasukinya tiap hari buat beribadah, setelah itu keluar dan juga tidak sempat berulang lagi ke situ. karna, hari berikutnya menggambarkan giliran 70 ribu malaikat yang lain buat beribadah di dalamnya.

az - zuhri dan juga sa’id bin musayyab, 2 orang ahli sejarah, berkata kalau baitulma’mur ada di langit dunia, tempat suatu sungai yang diucap sungai hayawan. tiap hari, malaikat jibril (dengan seizin allah swt. ) merambah sungai itu setelah itu keluar dan juga menggoyangkan badannya sampai - sampai memerciklah 70 ribu tetesan air sungai itu. setelah itu allah yang mahakuasa menghasilkan dari tiap tetes air tersebut seseorang malaikat yang diperintahkan buat merambah baitulma’mur dan juga shalat di dalamnya. mereka patuh melaksanakannya dan juga tidak sempat berulang memasukinya. kedua ahli sejarah ini menegaskan kalau keberadaan sungai hayawan ini pula diungkapkan abu hurairah ra. yang menukil perkataan rasulullah saw.

ibnu abbas berkata kalau nabi muhammad saw. bersabda, “baitulma’mur proporsional dengan posisi baitulharam di mekah. seandainya dia terjatuh dari langit keempat, tentu hendak mendarat pas di posisi baitulharam. ”

serupa halnya ka’bah yang berupa kubus, demikian pula dengan baitulma’mur. letak baitulma’mur berdampingan dengan ‘arsy allah swt. terlebih lagi, ‘arsy juga berupa kubus. karna, prinsip dan juga hukum yang dibentuk allah swt. di atas ‘arsy - nya tertanam pada 4 perihal yang pada dikala seiring pula menggambarkan pilar dan juga dasar untuk islam dan juga iman yang benar. 4 pilar diartikan merupakan: kesatu, subhanallah, yang berarti penyucian si pencipta dan pengagungan kekuasaan dan juga takdir - nya. kedua, alhamdulillah, diakibatkan mukmin yang sejati tidak sempat melupakan bersyukur kepada - nya. ketiga, la ilaha illallah, ialah keesaan allah dan juga penafian sekutu - nya. dan juga terakhir, allahu akbar.

dalam suatu riwayat, rasulullah saw. bersabda tentang berkah yang dilimpahkan allah swt. kepada baitulharam (ka’bah) , “dalam tiap siang dan juga malam hari, allah swt. merendahkan 120 rahmat ke baitullah (ka’bah) ini. 6 puluh buat orang yang thawaf, 4 puluh buat orang yang melaksanakan shalat, dan juga 2 puluh buat orang yang melihat. ”


wallahu a’lam



(sumber: wajibbaca. com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman