TUTUP!!! Klik 2x...

Masya Allah... Inilah Mesjid Pertama di kutub Utara, Diangkut Sejauh 4.000 Km

Perkenalkan, inilah the midnight sun mosque yang diucap bagaikan masjid di penggalan bumi amat utara. lokasinya berposisi di kota inuvik, kanada yang masuk dalam lingkar artik dan juga dekat dengan kutub utara. serupa apa ya bangunannya?

sebelumnya, ayo kita kenalan dahulu dengan kota inuvik. kota inuvik masuk dalam kawasannorthwest territories yang berposisi di sebelah utara kanada. karna masuk dalam lingkar artik dan juga dekat dengan kutub utara, inuvik juga mempunyai fenomena alam yang unik.

dikala masa panas matahari dapat nampak sepanjang 24 jam, yang dijuluki midnight sun. kebalikannya, dikala masa dingin datang, matahari tidak hendak sempat nampak di situ. tidak hanya itu, kira - kira sejauh tahun kotanya senantiasa tertutup oleh salju.

kota inuvik mempunyai penduduk sebanyak dekat 3. 500 jiwa. kehidupan di situ juga, sama aja dengan di kota - kota lain di dunia. terdapat yang bekerja ke kantor, menjabat bagaikan nelayan, jadi polisi dan juga kanak - kanak di situ berangkat ke sekolah tiap pagi.

dari ribuan penduduk, jumlah warga muslim di situ cuma dekat 100 orang aja. mereka juga mayoritas merupakan para imigran yang berasal dari mesir, siberia dan juga sudan. mereka tiba ke inuvik buat bekerja.

keadaan alam yang begitu ekstrem nyatanya tidak mematahkan antusias muslim inuvik buat beribadah. lampaunya wilayah ini tidak mempunyai masjid, jadi masyarakat muslim disitu memakai container sisa yang disulap jadi mushola. terdapat pula rumah yang disulap bagaikan mushola. 5 tahun silam, tepatnya di tahun 2010 jadi tahun yang istimewa dan juga memiliki untuk umat muslim di inuvik. karena buat kesatu kalinya, mereka memiliki masjid!

serupa penelusuran detiktravel dari bermacam web internasional dan juga media setempat, rabu (24/6/2015) masjid tersebut bernama the midnight sun mosque. bilik dan juga atapnya dibuat dari seng tebal dan juga penggalan atasnya berbentuk limas bercorak hijau. di depanya, ada hiasan tower yang menjulang besar dan juga bercahaya dikala malam hari.

dibentuk di luar inuvik

cerita dibangunnya masjid ini sangat unik. bila masjid - masjid lain dibentuk dari fondasi dini sampai jadi bangunan, tetapi masjid ini terbuat di winnipeg, salah satu kota besar di kanada dan juga setelah itu dikirim (bangunan yang sudah jadi) sepanjang 4. 200 km ke inuvik! 2. 400 kilometer antara lain melalui jalur darat dan juga 1. 800 kilometer melalui jalan laut dan juga sungai. diperlukan waktu 3 minggu buat masjid ini menggapai inuvik. jadi bangunan masjid yang sudah jadi dinaikan lewat mobil trailer, kemudian dilanjutkan dengan jalur laut dan juga sungai hingga ke inuvik. ekspedisi masjid ini sampai hingga di inuvik memperoleh atensi dunia internasional ketika itu.

masjid ini terbuat di luar kota karna tidak terdapatnya pekerja di inuvik yang mampu membikin konstruksi dengan cuaca ekstrem. tidak hanya itu olahan bangunan pembuat masjid pula amat mahal di wilayah itu

masjid tersebut menggambarkan hadiah dari zubaidah tallab foundation. sesuatu organisasi perkumpulan muslim kanada di kota winnipeg yang didirikan tahun 2007. organisasi non - profit yang bertujuan buat menolong kebutuhan dan juga mempererat ikatan umat muslim di kanada.

berulang ke the midnight sun mosque. ekspedisi masjid seluas 1. 500 m persegi ini diawali dalam semi - trailer yang menyusuri jalanan kanada. bukan masalah gampang bawa bangunan sebesar ini di atas truk trailer. terdapat banyak rintangan yang dialami, serupa terdapat parade nasional di jalanan kanada, terdapat permasalahan regulasi tol kanada sampai terdapat jembatan yang sangat kecil buat dilewati trailer tersebut. terlebih lagi masjid ini kira - kira jatuh ke sungai dekat daerah alberta karna jalur yang dilalui kecil. masjid kemudian ditransfer ke kapal feri ekspedisi yang mengantakannya ke kutub utara.

masjid ini datang di inuvik pada 24 september 2010 kemudian. dikala itu muslim inuvik berkumpul di pelabuhan buat melihat event memiliki tersebut. mereka tidak menyudahi takbir dalam menyongsong masjid baru buat daerah mereka.

diperlukan dekat sebulan buat berikan sentuhan akhir ke masjid ini sehabis datang di inuvik. terdapat ekstra tower masjid setinggi 10 m yang membuat cantik masjid ini. masjid midnight sun formal dibuka pada 10 november 2010 dan juga jadi masjid amat utara yang terdapat di amerika. proyek pembangunan masjid ini menghabiskan dana $300, 000 (dekat 3, 9 miliyar).

masjid ini dinamakan midnight sun karna kota inuvik mempunyai istilah ‘light of the midnight sun’ karna hadapi dekat 56 hari dimana matahari terus bersinar, tanpa malam hari dikala masa panas dan juga 30 hari hitam tanpa matahari dikala masa dingin datang. tetapi sering - kali warga setempat menyebutnya ‘the most northerly mosque‘ alias masjid yang terdapat di penggalan bumi amat utara. di masjid inilah, mereka dapat menunaikan ibadah salat berjamah sekalian tempat buat menjalakan silaturahmi.

ahmed al - khalaf, salah satu dewan pengurus masjidnya mengutarakan the midnight sun mosque merupakan kepunyaan kota inuvik, bukan cuma umat muslim aja. oleh karena itu, siapa juga dipersilakan masuk ke dalam masjidnya. keharmonisan antar umat beragama seorang diri, sesungguhnya sudah mengakar pada kehidupan warga setempat.

the midnight sun mosque benar berubah dengan masjid - masjid pada lazimnya. tidak dihiasi banyak kaligrafi, ataupun memiliki kubah besar dan juga tower yang jumlahnya banyak. tetapi di sinilah, ‘rumah allah’ di dekat kutub utara berdiri. (pds)


film dokumenter

cerita pembangunan masjid inuvik, menarik atensi sineas kanada, saira dan juga nilufer rahman. keduanya hendak membikin film dokumenter tentang cerita pembangunan masjid tersebut. tidak cuma soal masjid, film dokumenter tersebut pula hendak menggambarkan syiar islam di utara belahan dunia. keduanya juga berharap cerita pembangunan masjid ini hendak mengganti anggapan tentang islam dan juga muslim di dunia. nantinya, film ini hendak diproduseri buffalo gal pictures dan juga angel salju film, yang dipunyai nilufer dan juga saira rahman. dikala ini, keduanya tengah meluncurkan kampanye online supaya umat islam dan juga warga dunia menunjang penerapan pembuatan film ini. “aku memandang terdapat sokongan besar dikala mengunggah trailer film di youtube. lebih dari 10 ribu orang membagikan pendapat, ” kata ia. (sampai berita ini diturunkan trailer ini sudah ditonton 49. 882 orang).








(sumber: detik. com, republika. co. id, muslimahdaily. com, snow angel films)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman