TUTUP!!! Klik 2x...

SUBHANALLAH!! Dua Rakaat Sebelum Subuh Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya...

Melakukan shalat sunnah 2 rakaat saat sebelum subuh amat diajarkan oleh rasulullah shallallahu alaihi wasallam. disebabkan 2 rakaat saat sebelum subuh ini lebih baik dari pada jagad seisinya. sebagaimana disebutkan dalam suatu hadits,

ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها

2 rakaat (saat sebelum) shalat fajar (subuh) lebih baik dari dunia dan juga seisinya. (hr. muslim)
imam nawawi rahimahullah kala mengomentari " lebih baik dari dunia " , ialah dari segi kenikmatannya.

dari redaksi hadits diatas sebagian ulama mengatakannya shalat sunnah fajar. adapula yang menamainya bagaikan shalat sunnah subuh karna dicoba sesebelum shalat subuh. terdapat pula yang berkata shalat sunnah barad bisa jadi karna dilaksanakan kala hari masih dingin. terdapat pula yang menamakan shalat sunnah ghadat ataupun shalat sunnah yang dicoba pagi - pagi sekali.

2 rakaat saat sebelum subuh ataupun fajar ini tercantum jenis shalat sunnah mu’akkadah; ataupun amat ditekankan buat dilaksanakan. nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tetap menjaganya; baik kala tinggal di tempat tinggalnya maupun dikala lagi bepergian. sebagaimana dipaparkan dalam hadits sayyidah ‘aisyah,

“bahwasanya nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak sempat meninggalkannya (2 rakaat saat sebelum shubuh) sama sekali. ” (hr. bukhari dan juga muslim)

masih dari ummul mukminin aisyah binti abi bakar ini, dia mengatakan:

لَمْ يَكُنْ اَلنَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم عَلَى شَيْءٍ مِنْ اَلنَّوَافِلِ أَشَدَّ تَعَاهُدًا مِنْهُ عَلَى

رَكْعَتَيْ اَلْفَجْرِ

“nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak sempat mencermati shalat - shalat sunat melebihi perhatiannya terhadap 2 rakaat fajar. ” (muttafaq alaihi)

kapan waktu mendirikan 2 rakaat saat sebelum subuh?

sebagian orang terdapat yang mengerti 2 rakaat fajar itu merupakan shalat sunnah 2 rakaat saat sebelum masuk shubuh, ialah saat sebelum adzan. ini uraian yang galat. kalau yang diartikan 2 rakaat saat sebelum itu merupakan sholat sunnah qabliyah shubuh itu seorang diri, penggalan dari shalat sunnah rawatib.

siapa yang mengerjakan 2 rakaat saat sebelum tiba waktu subuh, hingga dia tidak memperoleh keutamaannya. dia cuma memperoleh pahala shalat sunnah absolut, karna waktu itu merupakan waktu leluasa buat shalat.

shalat 2 rakaat fajar yang dikerjakan saat sebelum subuh tidak terhitung bagaikan shalat sunnah rawatib. shalat tersebut jadi shalat sunnah absolut. dia cuma mendapatkan pahala shalat nafilah aja.

gimana trik melaksanakannya?

satu perihal berarti yang wajib dicermati merupakan anjuran buat tidak berlama - lama kala mengerjakan 2 rakaat saat sebelum subuh, mengingat predikat shalat ini merupakan shalat sunnah. meski nilainya lebih berharga daripada dunia seisinya.

sebab kebergegasan 2 rakaat saat sebelum subuh ini merupakan menjajaki petunjuk dari rasulullah saw (liitba’i sunnatir rasul). cukup membaca tulisan al - kafirun di rakaat kesatu (sehabis al - fatihah) dan juga tulisan al - ikhlash (sehabis al - fatihah) di rakaat kedua. ataupun membaca alam nasyrah (tulisan al - insyirakh) di rakaat kesatu dan juga alam taro (tulisan al - fiil) di rakaat ke 2.

demikianlah penjelasan menimpa 2 rakaat saat sebelum subuh yang lebih baik dari dunia dan juga seisinya. mudah - mudahan berguna.






(sumber : akuadalahwanita. com )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman