TUTUP!!! Klik 2x...

SUBHANALLAH.. Terungkap Misteri Koin Majapahit Berukirkan Kalimat Tauhid SYAHADAT ?

Sejarawan netscher dan juga van der chijs berkata kalau koin yang diketahui dengan koin gobog wayang ini, terbuat pada jaman pra - islam di jawa.

mereka pula menemukan uraian dari orang - orang tua jawa, yang berkata kalau gobog merupakan koin yang dahulu pula sempat tersebar bagaikan perlengkapan pembayaran.

satu gobog sama dengan 5 keteng (koin cash Tiongkok yang dahulu universal tersebar di jawa). 400 gobog sama dengan satu buah dirham perak, dan juga 4000 buah gobog merupakan senilai satu buah dirham emas.

olahan : tembaga
berat: 73, 5 gram
diameter: 68, 16 mm
koleksi: museum nasional, jakarta, indonesia.

koin ini dicetak dgn trik cor dengan media pasir, atas izin rani prabu stri suhita dikala agama islam diakui secara formal oleh majapahit. sehabis pada masa sebelumnya sayyid jumadil kubro dinaikan bagaikan hakim urusan agama islam, mendampingi para pemegat dan juga dang acarya.

pada masa sebelumnya juga di majapahit banyak tersebar koin gobog wayang dicetak buat kepentingan ritual ibadah keagamaan. tradisi ini dipergunakan oleh pejabat majapahit yang beragama islam buat menghadirkan kalimat tauhid melalui koin gobog wayang yang benar trend pada masa itu.

banyak pihak yang salah menebak dan juga mengatakan kalau koin ini merupakan koin dinar majapahit? sementara itu koin dinar yang dizinkan oleh majapahit buat dicetak dan juga diedarkan di segala nusantara cuma dirham mas pasai.




(sumber: ummat. id )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman