TUTUP!!! Klik 2x...

Tata Cara Sholat Tahajud yang Benar dan Keutamaannya

Sholat tahajud merupakan menggambarkan sholat sunat yang di kerjakannya pada malam hari dan juga di haruskan tidur terlebih dulu, dan juga pula dikerjakannya wajib setimpal dengan tuntunan ajaran agama islam tetapi alangkah baiknya melakukan sholat tahajud itu pada waktu sepertiga malam terakhir dekat jam 01 00 malam hingga dengan menjelang waktu shubuh.

sholat sunat tahajud merupakan menggambarkan perintah yang wajib dicoba oleh tiap muslimin - muslimat dengan hukumnya sunat muakad ialah sunat yang di haruskan dengan menjajaki tata trik yang hendak kami jelaskan baik dalam penerapannya ataupun jumlah rakaatnya secara rinci. karna bisa jadi masih banyak diantara umat islam yang masih belum benar mengerti tata trik penerapan sholat tahajud.

waktu sholat tahajud
saat sebelum kita mengertahui tata trik sholat tahajud alangkah baiknya kita mengenali waktunya dahulu yang tersadu buat melakukan sholat tahajud, karna para ulama telah membagi waktu waktu yang utama buat melakukan shalat tahajud sebagi berikut:

sepertiga kesatu, hampir mulai dari jam 19. 00 hingga jam 22. 00, ini dikala utama
sepertiga kedua, hampir mulai dari jam 22. 00 hingga dengan jam 01. 00, ini dikala yang lebih utama
sepertiga ketiga, hampir dari jam 01. 00 hingga dengan masuknya waktu subuh, ini dikala yang amat utama

tata trik sholat sunat tahajud
menimpa mas’alah tata trik sholat tahajud tidak jauh berubah dengan sholat sunnah lazimnya ialah bagaikan berikut:

1. membaca hasrat sholat tahajud serupa perkataan;

tata trik sholat tahajud

ushallii sunnatat - tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.

maksudnya: “aku hasrat shalat sunat tahajud 2 rakaat karna allah”

dengan suara yang pelan aja, diiringi dengan maksudnya di baca dalam hati.

2. sehabis membaca hasrat dilanjutkan dengan membaca takbir, (membaca allahhuakbar) sembari tangannya di angkat ke atas

3. setelah itu membaca do’a iftitah (sunah)

4. kemudian membaca tulisan alfatihah, sehabis alfatihah membaca tulisan pendek yang terdapat dalam angkatan laut (AL) qur’an yang telah dihafal, serupa tulisan angkatan laut (AL) ikhlas, annas, alfalaq, dan juga lain - lain

5. setelah itu lanjutkan serupa pada langkah langkah sholat pada lazimnya. serupa rukuk, sujud, sampai salam

doa sehabis sholat tahajud
sehabis tuntas melakukan shalat tahajud sebaiknya kita memperbanyak istighfar meminta ampuna alloh swt. sesungguhnya tidak terdapat teks doa tertentu yang dikerjakan sehabis sholat tahajud, tetapi kerutinan rasulullah saw senantiasa membaca doa berikut ini sehabis sholat tahajud.

. بِسْمِ اللهِ الرَحْمن ِالرَحيم اَلَلهُم لكَ الحَمْدُ أنتَ قَيِّمُ السَمَواتِ وَالأرِض ومَنْ ِفيهِنَ ولَكَ الحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَمَواتِ وَالأرِض ومَن فَيهنَ ولَكَ الحمدُ أنت الحقُ وَوَعْدُكَ الحقُ ولِقاءُكَ حَقٌ وقَولُكَ حَقٌ والجنةُ حقٌ والنارُ حَقٌ والنَبَيونَ حقٌ
.
ومحمدٌ صلي الله عليه وسلم حَقٌ والسَاعَةُ حَقٌ اللهم لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ أَمَنْتُ وَعَليكَ تَوَكَلتُ وَإلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَلَكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْليِ مَا قَدَّمْتُ وما أَخَّرْتُ وما أَسْرَرْتُ وَما أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُبِهِ مِنيِ أَنْتَ الُمقَدِّمُ
.
وَأَنْتَ الُمؤَخِّرُ لَاإلَهَ إلا أَنْتَ وَلاَ حَوْلَ وَلا قُوّةَ إلا بالله

.

doa sholat tahajud dalam huruf latin
allahumma lakal hamdu anta nuurussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna. walakal hamdu anta qoyyimussamaawaati wal ardhi wa man fihinna. walakal hamdu anta robbussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna walakal hamdu anta mulkussamaawaati wal ardhi wa man fiihinna walakal hamdu anta mulikussamaawaati wal ardhi walakal hamdu, antal haqqu wa wa’dukal haqqu, wa qoulukal haqqu, wa liqoo ukal haqqu. waljannatu haqqun wannaaru haqqun wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun haqqun, wassaa ‘atu aqqun. allahumma laka aslamtu. wa ‘alaika tawakkaltu. wabika aamantu. wa ilaika aanabtu. wabika khooshomtu. wa ilaika haakamtu. faghfirliiy maa qoddamtu wa maa akhkhortu. wa maa asrortu wa maa a’ lantu. antal muqoddimu wa antal mu akhkhiru. laa ilaa ha illaa anta anta ilaahii laa ilaaha illaa anta

maksudnya:
“ya, allah! bagi - mu seluruh puji, engkau sinar langit dan juga bumi dan seisinya. bagi - mu seluruh puji, engkau yang mengurusi langit dan juga bumi dan seisinya. bagi - mu seluruh puji, engkau tuhan yang memahami langit dan juga bumi dan seisinya. bagi - mu seluruh puji dan juga bagi - mu kerajaan langit dan juga bumi dan seisi - nya.

bagi - mu seluruh puji, engkau benar, janji - mu benar, firman - mu benar, berjumpa dengan - mu benar, surga merupakan benar (terdapat) , neraka merupakan benar (terdapat) , (terutusnya) para nabi merupakan benar, (terutusnya) muhammad merupakan benar (dari - mu) , kejadian hari kiamat merupakan benar.

ya allah, kepada - mu saya pasrah, kepada - mu saya bertawakal, kepada - mu saya beriman, kepada - mu saya berulang (bertaubat) , dengan pertolongan - mu saya berdebat (kepada orang - orang kafir) , kepada - mu (dan juga dengan ajaran - mu) saya menjatuhkan hukum. oleh karna itu, ampunilah dosaku yang telah kemudian dan juga yang hendak tiba.

engkaulah yang mendahulukan dan juga mengakhirkan, tiada tuhan yang hak disembah kecuali engkau, engkau merupakan tuhanku, tidak terdapat tuhan yang hak disembah kecuali engkau”.

jumlah rakaat sholat tahajud
jumlah rakaat rakaat sholat tahajud minimun merupakan 2 rakaat satu kali salam, dan juga amat banyak ataupun optimal dapat sebanyak - sebanyaknya setimpal dengan keahlian. nabi junjungan kita ialah muhammad saw saw, dia sempat mengerjakan shalat tahajud sebanyak 10 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, sempat pula 8 rakaat ditambah 1 rakaat sunat witir, dan juga dan juga sempat pula 8 rakaat ditambah 3 rakaat sunat witir. jadi dalam melakukan shalat tahajud hendaknya ditambah dengan shalat sunat witir.

shalat tahajud ini sebaiknya dikerjakan 2 rakaat satu salam, sedangkan itu buat shalat sunat witirnya, bila dikerjakan lebih dari satu rakaat, semisal 3 rakaat, boleh dikerjakan sekalian dengan satu salam, boleh pula dikerjakan 2 rakaat dulu setelah itu salam, dilanjutkan 1 rakaat kemudian salam.

keunggulan (fadhilah) sholat tahajud
sholat tahajud menggambarkan salah satu sholat malam yang mempunyai banyak keunggulan, baik buat dunia ataupun akhirat. fadhilah sholat tahajud antara lain bagaikan berikut

1. dikabulkannya doa - doa kita
dari jabir radliyallahu’anhu, dia mengatakan, “aku mendengar rasulullah sholallahu ‘alaihi wassalam bersabda : sebetulnya pada malam hari itu betul - betul terdapat dikala yang seseorang muslim mampu menepatinya buat meminta kepada allah sesuatu kebaikan dunia dan juga akhirat, tentu allah hendak memberikannya (mengabulkannya) ; dan juga itu tiap malam” (hr muslim dan juga ahmad)

2. sholat yang amat utama
bersabda rasulullah sholallahu ‘alaihi wasaalam, “seutama - utama shalat seusai shalat fardu yakni shalat sunnat di waktu malam (hr muslim)

3. allah menjanjikan surga untuk orang - orang yang melaksanakan qiyamul lail
abdullah bin salam berkata, kalau nabi muhammad sholallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “hai sekaligus manusia, sebarluaskanlah salam dan juga berikanlah santapan dan sholat malamlah di waktu manusia lagi tidur, biar kalian masuk surga dengan selamat” (hr tirmidzi)

4. hendak memperoleh tempat yang terpuji
pada malam hari, hendaklah engkau shalat tahajud bagaikan ekstra untuk engkau. mudah - mudahan tuhan mengangkut engkau ke tempat yang terpuji (qs. angkatan laut (AL) isra: 79)

sekian data dari kami menimpa mas’alah tata trik sholat sunat tahajud dan juga doanya secara benar bagi ajaran agama. mudah - mudahan dengan terdapatnya informasi kami ini terdapat khasiatnya dan juga kita seluruh dapat melaksanakan dengan sepenuh hati dengan mengharap keridhoan alloh swt.





(sumber: najwa03. blogspot. co. id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman