TUTUP!!! Klik 2x...

Di Masjid Inilah Sholat Jumat Pertama Kali Dilakukan Oleh Nabi Muhammad

Madinah merupakan satu dari 3 kota suci. yang yang lain merupakan makkah dan juga palestina. kesucian kota madinah ditegaskan oleh rasulullah saw dalam hadis yang diriwayatkan oleh imam muslim.

“sesungguhnya ibrahim telah menjadikan kota makkah bagaikan tempat suci dan juga berdoa buat kebaikan penduduknya. dan juga, sebetulnya saya menjadikan madinah bagaikan kota suci sebagaimana ibrahim menjadikan makkah bagaikan tempat suci. sebetulnya saya berdoa buat kebaikan sha’ - nya dan juga mud - nya sebagaimana yang didoakan ibrahim buat kebaikan penduduk makkah. ” (hr muslim).

saat sebelum kota ini bernama madinah, dahulunya diketahui dengan nama yatsrib. tetapi, sehabis rasul saw hijrah ke madinah pada dini tahun hijriyah, tepatnya tahun 622 masehi, namanya berbeda jadi madinah al - munawwarah, ialah kota yang bercahaya. sedikitnya, terdapat 95 julukan yang dikasih kepada kota ini. di antara lain, madinah ar - rasul, darul abrar, ardhullah, thabah, thayyibah, sayyidul buldan, darussalam, al - mubarakah, al - qashimah, al - fadhilah, al - mahrumah, haramu rasulillah, dan juga qalbul iman.

semenjak dulu, kota madinah telah jadi kota berarti ketiga sehabis makkah dan juga thaif. philip k hitti dalam the history of the arabs manyatakan kalau kota ini berfungsi berarti bagaikan pusat pemerintahan islam. karna itu, di madinah ada bermacam pusat pengembangan agama islam, paling utama masjid. di madinah, tidak hanya masjid nabawi, masjid yang lain yang pula mempunyai sejarah berarti dalam penyebaran agama islam merupakan masjid quba (masjid yang kesatu kali dibentuk oleh rasul saw) dan juga masjid qiblatain (2 kiblat).

tetapi, terdapat satu masjid berarti yang lain yang sering terlupakan. sementara itu, masjid ini mempunyai sejarah yang amat berarti dalam penegakan syiar islam. seperti itu masjid jumat. ya, masjid ini diucap dengan nama demikian karna disinilah rasul saw kesatu kali melakukan shalat jumat dikala merambah kota madinah.

sebagaimana dikenal, kala rasul saw memutuskan buat berhijrah dari makkah ke madinah, dia pernah membangun masjid. dan juga, masjid kesatu yang dibentuk itu merupakan masjid quba, yang terletak di kampung quba, berjarak dekat 4 km di sebelah selatan masjid nabawi.
keutamaan masjid quba diterangkan dalam alquran. “sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid quba) , semenjak hari kesatu, merupakan lebih pantas kalian shalat di dalamnya. ” (qs at - taubah [9]: 108).

sehabis mendirikan masjid ini, rasul berbarengan dengan abu bakar as - siddiq melanjutkan ekspedisi mengarah yatsrib, ialah madinah saat ini. tetapi, saat sebelum hingga di tempat tujuan, ialah masjid nabawi, dia singgah di kampung bani sulaim. pada dikala itu yakni hari jumat, dan juga waktunya sudah menjelang shalat zhuhur. karna itu, berbarengan para teman dan juga kalangan muslimin yang terdapat pada dikala itu, rasul saw mengajak mereka buat mendirikan shalat jumat.

shalat jumat itu dilaksanakan rasul saw di suatu wadi (lembah) yang terletak di kampung bani sulaim. posisinya bersebelahan dengan masjid quba. bagi junaidi halim dalam bukunya makkah - madinah dan juga sekitarnya, nama lembah tersebut merupakan wadi ranuna. bagaikan peringatan atas penerapan shalat jumat itu didirikanlah suatu masjid di posisi tersebut. dan juga, masjid itu diberinama masjid jumat.

bagi hanafi al - mahlawi dalam al - amakin al - masyhurah fi biologi muhammad saw, shalat jumat yang dilaksanakan di posisi tersebut menggambarkan shalat jumat yang kesatu kali. karena, sebelumnya dia kesusahan melakukan shalat jumat karna kuatnya tekanan dan juga penindasan yang dicoba kafir quraisy terhadap kalangan muslim.

terdapat yang berkata kalau posisi penerapan shalat jumat itu terletak disisi kanan jalur dari quba mengarah madinah. ada juga jumlah kalangan muslim yang mendirikan shalat jumat kala itu menggapai seratus orang. bagi hektometer iwan gayo dalam novel pintar haji dan juga umrah, masjid jumat itu berdimensi 7x 5, 5 m persegi.

karna seperti itu, keberadaan masjid jumat ini mempunyai posisi yang amat berarti dalam sejarah islam. sayangnya, tidak dikenal secara tentu, siapa teman yang mendirikan masjid ini. bisa jadi itu karna sedikitnya data yang didapatkan. karenanya, tidak banyak umat muslim yang berziarah ataupun berkunjung ke masjid ini.





(sumber: republika. co. id)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman