TUTUP!!! Klik 2x...

Fakta-fakta Kedekatan INDONESIA Dengan PALESTINA Sejak Jaman WALI SONGO

Silih berganti pemerintahan yang telah berjalan di republik indonesia, seluruh berlagak tegas untuk pembelaan atas bangsa palestina buat merdeka dan juga terbebas dari intimidasi dan juga teror zionis israel. presiden soekarno (1945 - 1967) , soeharto (1967 - 1998) , bj habibie (1998 - 1999) , abdurrahman wahid (1999 - 2001) , megawati soekarnoputri (2001 - 2004) , susilo bambang yudhoyono (2004 - 2014) , sampai presiden joko widodo (2014 - sekarang) senantiasa tampak bagaikan kepala negeri/kepala pemerintahan dari negeri berpenduduk muslim terbanyak di dunia yang kuat membela palestina.

palestina ibarat indonesia di belahan dunia lain namun amat dekat dengat hati bangsa indonesia. palestina ikut menolong perjuangan bangsa indonesia mencapai kemerdekaan dan juga tercantum dalam barisan negeri kesatu di samping mesir yang mengakui kedaulatan kemerdekaan republik indonesia pada 17 agustus 1945.

simbol - simbol keakraban kedua negeri pula nampak, semisal, kabupaten kudus, jawa tengah, diambil dari nama angkatan laut (AL) quds (berarti kota suci di yerusalem) oleh sunan kudus (jafar shadiq) , salah satu wali songo yang menyebarkan islam di pulau jawa, yang lahir di angkatan laut (AL) quds (yerusalem) 4 september 1400 dan juga meninggal 5 mei 1550 di kudus. semasa hidupnya, dia terlebih lagi membangun masjidil angkatan laut (AL) aqsha tower kudus.

di palestina pula ada sebagian masjid yang dibentuk oleh rakyat indonesia. masjid daarut tauhiid indonesia di gaza semisal yang ditetapkan pada 31 desember 2015, berdiri di atas tanah kepunyaan kementerian agama dan juga perwakafan palestina.

di gaza, palestina, pula berdiri rumah sakit indonesia yang dibentuk rakyat indonesia di tanah wakaf pemerintah palestina seluas 16. 261 m persegi dan juga mempunyai kapasitas 100 tempat tidur. rumah sakit indonesia mulai beroperasi pada 27 desember 2015.

konflik berkelanjutan antara bangsa yahudi yang menduduki palestina, semenjak bangsa yahudi israel bermigrasi ke palestina dari eropa pada 1882 dan juga mengklaim palestina bagaikan " tanah yang dijanjikan " buat bangsa yahudi. inggris memahami daerah palestina sehabis perang dunia i dimenangkan oleh pasukan sekutu. inggris memperkokoh pemukiman yahudi di palestina.

resolusi dewan keamanan pbb no 181 pada 29 november 1947 membagi palestina jadi daerah arab palestina dan juga daerah yahudi israel. resolusi itu dengan sendirinya mengakui keberadaan israel di palestina.

israel memproklamasikan kemerdekaan dari inggris pada 14 mei 1948, satu hari saat sebelum inggris mengakhiri kekuasaannya di palestina. as dan juga sekutunya langsung mengakui kemerdekaan israel. bangsa palestina jadi terjajah di negerinya seorang diri oleh israel yang mendudukinya. daerah pendudukan israel di palestina terus menjadi luas, bangsa palestina diperangi oleh israel.

israel dibantu as dan juga sekutunya terlebih lagi melanda ke bermacam negeri arab di dekat palestina, serupa mesir, yordania, dan juga suriah. israel tidak mematuhi bermacam resolusi perserikatan bangsa - bangsa (pbb) buat menempuh perdamaian dengan palestina.

organisasi pembebasan palestina (plo) berdiri pada 1964 di pengasingan buat berjuang memerdekakan palestina dari israel. plo dipandu oleh yasser arafat, pejuang palestina, dan juga plo bermarkas di yordania saat sebelum setelah itu pindah ke libanon. indonesia menunjang perjuangan bangsa palestina.

pada 25 juli 1984, pemimpin plo yasser arafat berjumpa dengan presiden soeharto di istana merdeka, jakarta. dalam pertemuan perdana kedua kepala pemerintahan itu, soeharto menegaskan kalau republik indonesia menunjang penuh perjuangan rakyat palestina mendapatkan kemerdekaannya bagaikan perihal prinsipil dan juga secara politis setimpal dengan pembukaan uud 1945.

pada 15 november 1988, pemimpin plo yasser arafat di aljazair memproklamasikan kemerdekaan palestina bagaikan negeri berdaulat berupa republik parlementer dengan bunda kota negeri berposisi di angkatan laut (AL) quds angkatan laut (AL) sharif, yerusalem timur. arafat jadi presiden otoritas palestina yang kesatu. proklamasi kemerdekaan palestina itu langsung menemukan pengakuan dari indonesia dan juga disambut dengan suka cita.

pada 19 oktober 1989, indonesia dan juga palestina menandatangani konvensi dimulainya ikatan diplomatik. penandatanganan dicoba oleh menteri luar negara dikala itu ali alatas dan juga pejabat plo farouk kaddoumi.

palestina membuka kedutaan besar di jakarta, sebaliknya pemerintah indonesia menugaskan kepala misi ke republik tunisia bagaikan duta besar non - residen palestina saat sebelum setelah itu kedutaan besar ri buat yordania merangkap negeri palestina berkedudukan di amman, yordania.

pada ktt ke - 10 gerakan non - blok (gnb) ataupun non - allignment movement (nam) di jakarta pada 1 - 6 september 1992, arafat berulang tiba ke jakarta dan juga konferensi itu memperteguh sokongan indonesia berbarengan negara - negara anggota gnb buat membagikan sokongan penuh untuk kemerdekaan palestina.

pada 16 agustus 2000, satu hari saat sebelum peringatan hut ke - 55 proklamasi kemerdekaan ri, presiden abdurrahman wahid didampingi wapres megawati soekarnoputri menerima kehadiran presiden otoritas palestina yasser arafat di istana merdeka, jakarta.

gus dur sesudah pertemuan itu menegaskan kalau indonesia terikat kepada keputusan menunjang palestina, sebaliknya arafat mengatakan sampai dikala itu telah terdapat 123 negeri menunjang negeri palestina.

kekejian militer israel senantiasa menewaskan rakyat palestina walaupun seruan dan juga desakan perdamaian digaungkan oleh banyak negeri tercantum dari perserikatan bangsa - bangsa. sehabis bertahan dari kungkungan penyakit sepanjang 3 tahun dan juga berposisi di markas besar plo di ramallah, palestina, pada keadaan di tengah konflik berkelanjutan dengan israel, yasser arafat meninggal di rumah sakit di paris, prancis, pada 11 november 2004 dalam umur 75 tahun.

pemerintah indonesia di dasar pemerintahan presiden susilo bambang yudhoyono yang baru dilantik sehabis terpilih dalam pilpres 2014, mengantarkan duka cita yang sangat mendalam. pada 9 januari 2005 mahmoud terpilih bagaikan presiden otoritas palestina mengambil alih arafat.

pemerintah indonesia dalam bermacam forum internasional, tercantum dikala indonesia jadi anggota tidak senantiasa dewan keamanan, dewan ham pbb, ataupun dalam majelis universal pbb, terus menyerukan perdamaian di palestina. begitu pula dalam tiap persidangan organisasi kerja sama islam ataupun dikala sebelumnya masih bernama organisasi konferensi islam.

tetapi israel masih membobardir bangsa palestina di tanah palestina. mereka sama sekali tidak menghormati palestina terlebih lagi sehabis bendera palestina berkibar di pbb semenjak 30 september 2015.






( Sumber: http: //www. harnas. co/2016/03/08/perjuangan - indonesia - untuk - palestina )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman