TUTUP!!! Klik 2x...

Mobilisasi Militer AS di Asia : Kami Tahu !!

Tekad pemerintah amerika serikat buat mengamankan kepentingannya di wilayah asia kian terkuak. dalam suatu unggahan di account facebook pribadinya, carter menyebut asia bagaikan daerah amat konsekuensial buat masa depan amerika. dia berkata, kedatangan militer as di daerah itu mempunyai kepentingan fundamental yang strategis buat negaranya.

menteri pertahanan amerika serikat (as) , ash carter, berkata as hendak memperluas mobilisasi militernya di asia. perihal itu dicoba dalam mengalami perluasan teritorial yang dicoba Tiongkok dan juga ancaman regional yang lain. “perluasan militer ke wilayah asia pasifik menegaskan kalau as senantiasa jadi negeri dengan militer terkuat dan juga mitra opsi dalam melindungi keamanan, ” ucap carter, dalam pidatonya di hadapan anggota angkatan laut as, di atas kapal induk uss carl vinson, san diego.

amerika mengerti kalau Cina bukan negeri besar secara global dan juga Cina tidak berupaya mendongkel amerika dari letaknya bagaikan negeri adidaya di dunia. walaupun demikian, hendak namun Cina menggambarkan negeri besar secara regional, ialah di wilayah asia/pasifik yang dikira oleh Cina bagaikan kawasannya dan juga jadi wilayah yang berarti untuk Cina secara ekonomi dan juga strategis. Cina berupaya jadi owner kedaulatan di laut Cina timur.

amerika mempunyai eksistensi secara militer dan juga senantiasa di pangkalan militer di jepang dan juga korea selatan yang berposisi di tepi laut laut Cina timur. demikian pula amerika pula mempunyai perihal seragam di philipina yang berposisi di tepi laut laut Cina selatan. amerika di wilayah tersebut mempunyai dekat separuh juta tentara. amerika mempunyai eksistensi militer senantiasa di wilayah ini semenjak tahun 50 - an abad kemudian.

bila Cina mengendalikan wilayah ini ataupun menancapkan pengaruhnya ataupun menjadikan wilayah ini berposisi di dasar kontrolnya hingga Cina dapat pengaruhi wilayah samudera hindia dan juga mengecam pengaruh amerika di wilayah tersebut secara sungguh - sungguh. ini menggambarkan permasalahan vital untuk amerika. amerika tidak hendak mentolerir perihal itu terjalin selamanya berapapun pengeluaran yang wajib dibayarkan.

as membenarkan politik luar negerinya pada capaian hegemoni keseluruhan di wilayah asia, dan membonsai pengaruh rrc di asia tenggara spesialnya dalam perkara laut Tiongkok selatan. daerah ini sangat strategis untuk as ataupun rrc, baik bagaikan jalan perdagangan ataupun sumberdaya alamnya yang berlimpah. oleh karna itu as terus menjalakan ikatan dengan sekutu - sekutunya, tercantum indonesia, buat mengeliminir pengaruh Tiongkok.



awas indonesia!

keberadaan kapal perang as di singapore dan juga pangkalan militer as di darwin, membikin indonesia diapit oleh kekokohan as di timur dan juga barat. sama serupa dikala irak hendak digempur lewat persiapan operation of enduring freedom, dimana dikala ini indonesia sama pula “sudah terkurung” serupa irak, oleh pangkalan - pangkalan as yang berposisi di christmas island, cocos island, darwin, guam, philippina, malaysia, singapura, vietnam sampai kepulauan andaman dan juga nicobar beserta beberapa tempat yang lain. ” , serupa dipaparkan connie rahakundini bakrie, pengamat pertahanan dan juga militer dari universitas indonesia.

rencana amerika serikat (as) menggeser 60 % kekokohan militernya ke wilayah asia pasifik sampai tahun 2020 mendatang, paling utama darwin dan juga subik di filipina. perihal ini jelas bawa implikasi besar untuk wilayah ini, tercantum indonesia. aneh, apabila seseorang kepala negeri terasa tidak terancam dan juga terusik dengan kegiatan politik dan juga militer negeri asing di dekat rumahnya seorang diri.

tahun 2020 itu tidak lama. dalam 4 tahun ke depan, indonesia sudah terkurung oleh pangkalan - pangkalan militer as. apakah kita sudah setuju bagaikan bangsa buat menyadari dan juga mengerti anggapan ancaman yang sesungguhnya lagi dialami?

dengan keadaan ini, jelas sekali, tidak ada waktu banyak untuk elite indonesia buat lekas mereposisi arah kebijakan luar negara dan juga pertahanan indonesia yang lebih tegas, strategis dalam menyikapi pergantian konstalasi politik di wilayah.

salah satu celah yang dapat dipakai amerika merupakan lewat kerjasama pertahanan yang ditandatangani baru - baru ini dalam satu paket dengan perjanjian esktradisi. lewat konvensi berjudul defense coperation agreement (dca) dan juga military training zona (mta) , kedua negeri menyepakati buat sediakan wilayahnya buat latihan militer. berarti, secara teknis singapura diperbolehkan mengadakan latihan militer ataupun menaruh persenjataannya di daerah ri.

perjanjian pertahanan amerika lewat dca ataupun mta ini, sesungguhnya rawan terhadap terdapatnya infiltrasi dan juga penetrasi intelijen pihak amerika ataupun kepentingan negara - negara besar yang lain. karna dengan terdapatnya program pelatihan berbarengan, baik para pihak yang turut dalam pelatihan militer ataupun pihak ketiga yang diundang turut dan, instan hendak mempunyai akses data menimpa keadaan kemiliteran kita baik dari segi kekokohan personil, keahlian perlengkapan militer dan juga pula posisi geografis. disamping dalil kalau lewat kesepkatan dca dan juga mta ini singapura telah sediakan pribadinya buat jadi satelit amerika dalam melayani kepentingan negeri paman sam.

bila kita cermati, program - program pelatihan berbarengan ataupun kerjasama militer yang sejenis, benar dapat dimanfaatkan bagaikan ajang pembedahan intelijen amerika dalam memetakan kekokohan angkatan laut indonesia baik kekokohan dan juga kapasitas personil ataupun perlengkapan, dan cerminan menimpa posisi geografis.

as pula berkepentingan buat melindungi kepentingan mereka di wilayah papua. keberadaan pertambangan freeport bagaikan industri tambang besar di dunia merupakan nilai strategis untuk as. perihal ini nampak dari pendekatan yang dicoba as kepada 2 pihak; kepada kelompok separatis - teroris opm dan juga pula kepada aparat pemerintah wilayah papua.







(Sumber: http://www. indosejati. com/2016/11/mobilisasi-militer-as-di-asia-kami-tahu. html )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman