TUTUP!!! Klik 2x...

Pao An Tui, Pasukan Etnis China Bentukan Belanda Untuk Membantai Pribumi

Pao an tui merupakan sisi kelam warga Tiongkok di masa dini kemerdekaan indonesia.. ! ’’ statment ini ditegaskan oleh mantan wartawan senior republika yang saat ini tengah ‘melanglang dunia’.

teguh yang di dalam badannya mengalir darah betawi, Tiongkok, dan juga jawa mengatakan kalau saat ini benar terdapat data yang simpang - siur menimpa sejarah pembuatan laskar bersenjata etnis Tiongkok di masa perang kemerdekaan: pao an tui (pat).

‘’kalau ingin mengangkut pahlawan dari etnis Tiongkok ini, hingga lebih baik yang diperuntukan itu merupakan kelompok kin an tui, ialah suatu kelompok sosial yang menolong warga tionghoa dan juga pribumi pada masa jakarta diduduki belanda di dini kemerdekaan itu pula, ’’ katanya.

teguh menegaskan, terdapat milisi bersenjata, ialah pao an tui, yang bercitra kurang baik di mata rakyat indonesia. karna, milisi yang dibangun secara nasional dekat pertengahan 1947 ini dahulu dilatih dan juga dipersenjatai oleh tentara belanda (knil).

tempat latihan militer mereka merupakan di cimahi, jawa barat. dalil pao an tui tidak berpihak pada republik indonesia pula dibuktikan dengan adan gempuran laskar pau an tui di medan ke pihak Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dikala itu di dasar komando jamin ginting.

sebab penyerangan mereka merupakan karna mau membalas dendam kepada terhadap laskar liar. ’’akibat penyerangan ini mereka juga balik dihabisi oleh pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang dipandu jamin ginting itu, ’’ katanya.

‘’ingat jendral spoor dahulu aja tidak ingin merangkulnya. terlebih lagi, syahrir juga yang pernah ingin merangkul mereka, seketika membatalan keputusannya. perilaku syahrir berbeda sehabis dicegah oleh tokoh partai tionghoa indonesia, ’’ kata teguh.

bagi teguh, bila saat ini terdapat pembelaan terhadap pao an tui dasarnya cuma mengacu pada suatu memoar yang ditulis oei tjoe tat. ia berkata kalau pao aun tui tidak membatasi kemerdekaan indonesa.

‘memoar inilah yang banyak dilansir sejarawan Tiongkok di indonesia. tidak hanya itu tidak terdapat. terlebih lagi catatan sejarah lain melaporkan pao an tui pada kejadian 10 november 1945 memihak pada tentara belanda. informasi ini diperkuat bermacam photo perang kemerdekaan yang terdapat di arsip belanda, ialah dalam web gahetna. nl. di situ jelas sekali nampak dalil kalau pao an tui dilatih oleh knil (tentara belanda) , ’’ tegasnya.

bagi teguh, bila pada kesimpulannya pat jadi pro - republik, itu terjalin kala belanda mulai terdesak di tingkat diplomatik. konsul Tiongkok di jakarta menyuplai data yang jadi dasar untuk pat buat mengambil kebijakan politik.

belanda telah memperkirakan seluruh itu, dan juga mereka tidak bernasib sama dengan jepang, ’’ ucap teguh.

dalam soal pao an tui, teguh telah menulsikan kajiannya secara komprehensif pada ruangan ‘kazanah’ di setiap hari republika dekat 5 tahun silam, ialah pada dini tahun 2011.


riwayat po an tui saat ini.. .

pelatihan pao an tui
pelatihan pao an tui oleh tentara belanda pada oktober 1947.

silahkan bertanya kepada sejarawan ber - etnis tionghoa di indonesia. mereka tentu tidak berdialog banyak, karna yang mereka tahu cuma sedikit. yang banyak merupakan upaya pengingkaran terhadap sisi kelam pao an tui.

seseorang kawan lagi mempelajari pao an tui, dengan membaca arsip belanda. ia hingga pada kesimpulan pao an tui surabaya ikut serta menolong nica dalam perang 10 nopember (amati riset andjarwati noorhidajah yang terangkum dalam novel tionghoa di surabaya, dan memoir soemarsono — komandan pemuda rakyat).

bung tomo juga marah dan juga mengobarkan antusias anti - tionghoa. dampaknya, terjalin pembantaian warga tionghoa di medan, tangerang, bagan siapi - api, dan juga kota - kota di jawa barat dan juga tengah; karawang.

keterlibatan pao an tui surabya menolong nica inilah yang diingkari banyak sejarawan warga tionghoa indonesia. pengingkaran itu terjalin semenjak dini.

buktinya, kala warga tionghoa medan berupaya melindungi diri, mereka membentuk pao an tui dan juga memohon jenderal ted kelly, komandan pasukan inggris, mempersenjatai mereka.

dalil yang dipakai warga tionghoa indonesia buat mensterilkan nama pao an tui merupakan organisasi ini formal dibangun 28 agustus 1947 di jakarta atas restu pm sutan sjahrir. oey tjoe tat, mantan menteri keuangan masa soekarno, pula memakai dalil yang sama buat berkata pao an tui bukan antek belanda.

oey tjoe tat mengingkari keterlibatan pao an tui di surabaya. tetapi siaow giok tjhan, pahlawan kemerdekaan indonesia dari etnis tionghoa, tidak. demikian pula liem koen hian, tokoh partai tionghoa indoneisia (pti) yang semenjak 1930 mengkampanyekan nasiolisme indonesia untuk warga tionghoa peranakan.


pasokan senjata dari jendral spoor dan juga westerling

pau an tui

perilaku keduanya nampak dikala menjawab pembantaian tionghoa di tangerang, dengan menuduh belanda diuntungkan oleh pembantaian itu. dalil memperlihatkan, kerusuhan tangerang dipicu penyusutan merah putih oleh seseorang anggota pao an tui.

pao an tui di tangerang dibangun oleh chung hua hui (organisasi para tuan tanah kaya yang jadi anak emas belanda sepanjang sekian ratus tahun) yang pro nica. terdapat data yang susah diklarifikasi mengatakan pao an tui tangerang bernazar mendirikan negeri capitanate of tangerang.
pao an tui di jakarta dipersenjatai jenderal spoor, komandan nica. pao an tui di bandung diberi akses ke perdagangan hitam senjata di singapore oleh raymond westerling (amati biografi westerling sang pembantai).

benny gram setiono, penulis novel tionghoa dalam pusaran politik, mati - matian mensterilkan nama pao an tui.

ia menuliskan; pao an tui tidak sempat membatasi revolusi indonesia. merupakan benar terdapat anggota pao an tui yang berpihak ke nica, bisa jadi karna sakit hati ataupun perihal lain.


soekarno nyaris mengakui pao an tui, tetapi ditolak lim koen hian

pao an tui
atmosfer latihan militer pau an tui di cimahi, oktober 1947

presiden soekarno juga nyaris mengakui pao an tui. tetapi dia mengurungkan niatnya sehabis sebagaian warga tionghoa, paling utama kalangan kiri dan juga nasionalis berbagai lim koen hian gan sgt, menentangnya.

pao an tui tidak memiliki jasa sama sekali dalam perjuangan indonesia. organisasi ini merupakan simbol oportunistik tionghoa indonesia, yang cuma padat jadwal melindungi properti dibanding menolong indonesia memerdekakan diri. mereka (etnis Cina) tidak hirau siapa yang hendak berkuasa di ri; belanda ataupun indonesia, yang berarti properti usaha mereka selamat.

laskar rakyat memandang properti tionghoa merupakan logistik untuk belanda. kala taktik bumi hangus dalam perang kemerdekaan dijalankan, segala properti tionghoa di desa - desa wajib dimusnahkan.

di karawang, dalam sepekan 5 penggilingan padi kepunyaan etnis tiongoa sirna terbakar, dan juga akses distribusi diputus. dampaknya, pasokan pangan ke jakarta — induk pasukan nica — sirna.

spoor dan juga Tentara Nasional Indonesia (TNI) tampaknya ketahui gimana melindungi jarak dengan pao an tui. keduanya belajar dari pengalaman jepang yang dikhianati pao an tui di tungchow.
alkisah, pat garnisun tungchow yang dibangun dan juga dilatih jepang bagaikan serdadu boneka, dan juga melayani jepang sepanjang periode gencatatan senjata tangka, seketika membokong dari balik. pat membantai 250 serdadu jepang dan juga korea di tungchow. (amati japanese and Cina war, karya robert hunter boyle)

satu perihal yang disesali sgt dan juga lim koen hian hingga akhir hayatnya merupakan kenapa bung tomo mengeneralisir kalau segala tionghoa di indonesia pro belanda. bung tomo mengabaikan dalil tony wen, generasi tionghoa asal malang membentuk pasukan berani mati buat membatasi belanda. laskar liar mengabaikan perihal ini, hingga kesimpulannya kejadian mergosono — pembakaran 30 etnis tionghoa malang, agustus 1947 — terjalin.


pau an tui yang berdiri di banyak kota di jawa

etnis china
masyarakat etnis Tiongkok di medan berunjuk kerasa besar - besaran pada 4 september 1947. dalam pawai yang diiringi 12 ribu orang dan juga dengan panjang barisan menggapai 2 km, mereka menuntut knil (tentara belanda) senantiasa melindungi mereka.
barangkali, cedera telah menganga, dan juga tidak bisa jadi hapus dalam suasana genting. hingga, yang terdapat di benak pejuang indonesia merupakan pat menggambarkan antek belanda. kala pao an tui dibangun di banyak kota di jawa, laskar rakyat bereaksi dengan menyerangnya.

terdapat analisis lain soal kejadian tangerang juni 1946. pembantaian itu mengaitkan banyak pihak. laskar liar yang terdiri dari para penjahat, kelompok jawara yang mau mengambil tanah - tanah kepunyaan para tuan tionghoa, dan juga laskar gelap — milisi muslim generasi arab yang mau mendirikan negeri islam di tangerang.

dalil keterlibatan laskar gelap nampak di mauk, dengan menyelenggarakan sunat paksa terhadap seluruh lelaki tionghoa di mauk, selapajang, teluk nata, dan juga yang lain.

dari segi kepentingan taktik, pembantaian itu menggambarkan taktik bumi bangus buat memutus jalan suplai santapan dari daerah penciptaan. tangerang dikala itu merupakan lumbung padi terdekat untuk jakarta.

tidak terdapat dalil apakah pat di jakarta, yang bermarkas besar di jalan mangga besar, dan juga kantor administrasinya di jalan pintu kecil nomor 6, ikut serta perang dengan laskar rakyat.

data ekstra, pat jakarta — dan juga seksi - seksinya di bandoeng, karawang, sukabumi, djatibarang, cirebon — dibangun oleh chung hua tsung hui, organisasi tionghoa pro nasionalis kuomintang pimpinan ciang kai sek. pembentukannya dibantu konsul jenderal Tiongkok di jakarta.










(Sumber: http:// islamdansekitarnya. blogspot. co. id/2016/08/pao-tui-pasukan-etnis-china-bentukan. html )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman