TUTUP!!! Klik 2x...

12 Keutamaan Membaca Al-Quran Setiap Hari

Paling tidak terdapat 12 keutamaan membaca (AL) qur’an tiap hari yang mampu kita peroleh. tetapi pertanyaannya saat ini, sudahkah kita membaca (AL) quran hari ini? persoalan simpel yang bila jawabannya dikemukakan dengan jujur di depan universal, hendak membikin kita malu seorang diri. tetapi, bersyukur rasanya bila seorang yang ditodong dengan persoalan tersebut masih menanggapi dengan kerasa malu. celakanya, banyak muslim era saat ini yang terlebih lagi tidak terasa malu lagi kala dia tidak lagi menghiasi hari dengan teks (AL) qur’an satu ayat juga.

bagaikan orang yang mengaku diri muslim, banyak aktivitas demi banyak aktivitas kerap membikin kita lalai membuka, membaca dan juga mentadaburi kitab suci umat muslim itu. (AL) qur’an cuma tergeletak di atas meja ataupun diam berdebu di tengah - tengah himpitan novel dalam lemari. benar bila kitab suci (AL) qur’an itu jatuh dari tempatnya, lekas si owner rumah mengambil dan juga menciumnya bagaikan ciri fakta cinta. tetapi dia tidak bernazar membuka dan juga membacanya, dia kembalikan (AL) qur’an tersebut ke tempatnya bagaikan pajangan yang memenuhi isi lemari.

sementara itu rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “sesungguhnya benda siapa yang dalam pribadinya tiada teks (AL) qur’an hingga dia serupa halnya rumah yang roboh”. hingga alangkah meruginya seseorang muslim yang jauh dari lantunan ayat - ayat suci (AL) qur’an.

nah, apa aja keutamaan membaca (AL) qur’an tiap hari yang mampu diperoleh seseorang hamba?

1. jadi manusia terbaik
nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “sebaik - baik kamu merupakan yang menekuni al - qur’an dan juga mengamalkannya. ” (hr. bukhari)

siapa yang tidak ingin jadi manusia tersadu? seseorang murid yang pada hari pembagian raport diumumkan oleh gurunya kalau dia menempati peringkat satu di kelasnya tentu hendak terasa bangga dan juga senang. terlebih orang - orang yang masuk jenis manusia tersadu bagi robb - nya. karna jenis itu disematkan bukan oleh manusia, melainkan oleh dzat yang memahami segala makhluk.

2. menemukan pahala berlipat ganda
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “siapa aja membaca satu huruf dari kitab allah, hingga menurutnya satu kebaikan. dan juga satu kebaikan itu dibalas dengan 10 kali lipatnya. ” (hr. tirmidzi).

hingga begitu kita sudah rugi besar. kita sudah melupakan begitu banyak kebaikan. sementara itu pahala dari membaca (AL) qur’an itu lagi diobral. bayangkan satu huruf aja berpahala satu kebaikan yang hendak dibalas dengan pahala 10 kali lipatnya. sebaliknya buat membacanya cuma membutuhkan waktu sebentar aja. tetapi begitu mengherankan, kita senantiasa tidak ingin mendekati obral besar ini.

3. menemukan kebersamaan hidup dengan para malaikat yang suci dan juga mulia
nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “perumpamaan orang yang membaca (AL) qur’an lagi dia hafal, dengannya berbarengan para malaikat yang suci dan juga mulia. lagi perumpamaan orang yang membaca (AL) qur’an lagi dia tetap melaksanakannya walaupun perihal itu susah menurutnya hingga menurutnya 2 pahala. ” (muttafaqun ‘alaih).

4. orang tuanya dipakaikan mahkota sinar nanti di hari kiamat
“siapa aja membaca (AL) qur’an, mempelajarinya dan juga mengamalkannya, hingga dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari sinar dan juga sinarnya seperti cahaya matahari. dan juga dipakai pada kedua orang tuanya 2 perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia…. ”. (hr. hakim)

hingga inilah wujud bakti yang besar dari seseorang anak pada kedua orang tuanya. bila di dunia dia tidak dapat membalas kebaikan kedua orang tua dengan membagikan kesenangan hidup pada keduanya, hingga balasan di akhirat ini lebih mulia. di dikala manusia lain tidak menemukan proteksi dari adzab allah sedikit juga, kedua orang tuanya malah dimuliakan dengan hadiah mahkota sinar yang sinarnya cerah benderang seperti cahaya matahari.

5. menemukan syafa’at di akhirat
nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “bacalah (AL) qur’an karna dia hendak tiba pada hari kiamat bagaikan pemberi syafa’at kepada para ahlinya. ” (hr. muslim)

syafa’at ataupun pertolongan dari adzab allah pada hari itu amat dibutuhkan oleh tiap manusia. hingga peluang buat menemukan syafa’at itu terbuka lebar dikala ini, ialah dikala kaki kita masih berpijak di bumi ini. hingga gunakanlah peluang yang masih terdapat itu, jangan dibiarkan lalu percuma.

6. dibanggakan oleh allah di depan para makhluk lainnya
nabi muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “tidak berkumpul sesuatu kalangan di salah satu rumah allah subhanahu wa ta’ala, lagi mereka membaca kitab - nya dan juga mengkajinya, melainkan mereka hendak dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan juga disanjungi oleh allah di hadapan para makhluk dan juga di sisi - nya. ” (hr. abu dawud).

7. menemukan ketentraman hati dan juga curahan rahmat
serupa yang disebutkan pada hadist no 6 di atas, orang - orang yang membaca dan juga mengkaji kitab - nya hendak dilimpahi ketenangan dan juga curahan rahmat. tenang dan juga tentramnya hati menggambarkan rahmat yang tidak terkira di era yang serba - serbi panas dengan dunia serupa dikala ini. biarlah teman bergelut dengan banyak aktivitas dunia yang membikin hati dan juga benak tekanan pikiran. sebaliknya para pembaca dan juga pengamal (AL) qur’an, hatinya hendak senantiasa diliputi ketentraman.

8. menemukan kesembuhan dari penyakit

rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “hendaknya kalian memakai kedua obat - obatan; madu dan juga (AL) qur’an. ” (hr. ibnu majah dan juga ibnu mas’ud)

9. mendapatkan peran yang besar dalam surga
bersabda rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: dikatakan kepada pembaca al - qur, an: “bacalah (al - qur’an) , naiklah (pada derajat - derajat surga) dan juga bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. sebetulnya peran derajatmu sampai - sampai kandungan akhir ayat yang engkau baca. ” (hr. ahmad).

10. orang yang membaca al - qur’an serupa orang yang bersedekah
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “orang yang membaca (AL) qur’an terang - terangan serupa orang yang bersedekah terang - terangan. orang yang membaca (AL) quran secara tersembunyi serupa orang yang bersedekah secara sembunyi. ” (hr. abu dawud, tirmidzi dan juga nasa’i).

11. dikeluarkan dari kegelapan
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “aku wasiatkan kepada kamu supaya bertakwa kepada allah dan juga (AL) qur’an sebetulnya dia merupakan sinar kegelapan, petunjuk di siang hari hingga bacalah dengan serius. ” (hr. baihaqi)

dikeluarkan dari kegelapan mengarah sinar merupakan nikmat yang amat besar. dikeluarkan dari kesesatan pada anugerah merupakan nikmat yang amat besar. nikmat yang tidak dapat diganti dengan emas yang penuhi segala dunia. hingga kenapa kita menyia - nyiakan kitab pembawa sinar dalam kegelapan ini?

12. jadi penggalan dari keluarga allah
sabda rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “sesungguhnya allah memiliki keluarga dari golongan manusia. dia shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya: ’siapa mereka wahai rasulullah? ’ dia shallallahu ‘alaihi wasallam menanggapi: ’mereka merupakan ahlul qur’an, mereka merupakan keluarga allah dan juga orang - orang khusus - nya. ” (hr. ahmad dan juga ibnu majah)

demikian 12 keutamaan membaca (AL) qur’an tiap hari yang dapat kita peroleh. mudah - mudahan pembaca dan juga penulis dapat istiqomah membaca (AL) qur’an tiap hari dan juga mengamalkan isi isinya dalam kehidupan tiap hari. aamiin





(sumber: kabarmakkah. com)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman