TUTUP!!! Klik 2x...

3 Kemuliaan Waktu Subuh Bagi Kehidupan Dunia dan Akhirat

Waktu subuh merupakan waktu dimana muslim mengawali aktivitasnya. allah subahanahu wa ta’ala menjadikan waktu subuh bagaikan salah satu sumpahnya, sebagaimana yang tercantum dalam qur’an tulisan (AL) fajr: ‘wal fajr’ demi waktu subuh! ini menunjukkan kalau waktu subuh begitu berarti. pada waktu subuh tercantunm banyak kemuliaan pula tercantunm banyak bahaya.

siapa yang dapat memakainya dengan baik, hingga dia hendak mendapatkan kemuliaan. kemuliaan yang didapat bukan cuma buat dialami di akhirat, tetapi mampu kita rasakan pula saat ini di dunia. rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga amat mencermati waktu subuh, sampai dia melantunkan do’a: “allahumma baarik li ummatii fi bukuuriha (ya allah, berkahilah ummatku di pagi hari) ”.

berikut ini kemuliaan bermacam bidang yang diperoleh karna dicoba di waktu subuh:

1. kemenangan dalam peperangan
hingga dia juga biasa mengirim sariyyah (pasukan perang) di pagi hari dan juga mereka berulang dengan bawa kemenangan. betapa tidak, di dikala kalangan kafir tengah terlelap tidur di waktu subuh - yang benar suasananya amat menunjang buat berulang menenggelamkan diri di peraduan - , kalangan muslimin sudah siap sedia dengan antusias membara menggempur mengalahkan lawan yang tengah lengah.

allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“demi kuda perang yang berlari kencang terengah - engah. dan juga kuda yang mengakibatkan api dengan pukulan (kuku kakinya). dan juga kuda yang melanda di waktu subuh. hingga dia menerbangkan debu, dan juga menyerbu ke tengah - tengah kumpulan musuh”. (qs. (AL) a’diyat: 1 - 5)

2. keuntungan dalam perniagaan
dalam bidang perniagaan juga bila diawali dari di dini hari hingga hendak mendapatkan keuntungan yang lebih besar. tersebutlah sakhru yang menggambarkan seseorang orang dagang. dia biasa mengirim kafilah dagangnya di dini pagi sampai kehidupannya juga sejahtera dan juga hartanya meningkat banyak.

tetapi kita wajib senantiasa ingat banyaknya harta yang diperoleh jangan hingga membikin kita jauh dari dzat yang membagikan titipan harta yang banyak tersebut. niatkan seluruhnya buat beribadah pada - nya. keluarkanlah zakat dan juga sedekah dari harta itu.

3. ganjaran haji dan juga umrah sempurna dalam peribadatan
rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “barangsiapa menegakkan salat subuh berjamaah di masjid, kemudian ia duduk berzikir hingga matahari terbit, kemudian menegakkan salat 2 rakaat, hingga ia hendak mencapai pahala haji dan juga umrah. rasulullah melanjutkan sabdanya, “sempurna, sempurna, sempurna. ” (hr at - tirmidzi).

shalat 2 rakaat tersebut diucap shalat isyroq. kita dapat hitung ringannya penerapan shalat 2 raka’at tersebut bila dibanding dengan melakukan haji dan juga umroh sebagaimana mestinya.

saat ini ini, haji dan juga umroh membutuhkan pengeluaran yang amat mahal buat transportasi, makan dan juga penginapan. kekokohan raga juga terkuras cukup banyak dalam menunaikan ibadah ini. tetapi dengan cuma duduk berdzikir kepada allah di masjid sehabis melakukan shalat subuh berjama’ah sampai matahari terbit setelah itu menegakkan 2 raka’at shalat, kita dapat mencapai pahala haji dan juga umroh dengan sempurna.

ini berarti begitu menggambarkan laporan gembira untuk hamba allah yang tidak dapat menunaikan ibadah haji ataupun umroh karna keterbatasan keahlian, baik dari segi raga ataupun pengeluaran. kita senantiasa mampu mencapai pahala haji dan juga umroh sempurna meski tidak betul - betul berangkat ke tanah suci.

hingga begitu merugilah untuk mereka yang menyia - nyiakan waktu subuh sampai lalu begitu aja. jangankan aktif beraktifitas di waktu subuh serupa menuntut ilmu, mengawali perniagaan, berjihad di jalur allah ataupun duduk berdzikir mengingat - nya di masjid, kalangan muslimin era saat ini malah lelap tertidur. terlebih lagi shalat subuh juga tidak mereka kerjakan.

sementara itu kita sudah ketahui kalau 2 raka’at fajar lebih baik daripada dunia dan juga seisinya. tetapi melakukan shalat fajar begitu merasa amat berat. rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “sesungguhnya tiada yang dirasa berat oleh seseorang munafik, kecuali melakukan shalat isya dan juga shalat subuh. sekiranya mereka ketahui hendak keagungan pahalanya, tentu mereka hendak mendatanginya sekalipun wajib berjalan merangkak - rangkak” (hr bukhari muslim).

demikian penjelasan pendek menimpa kemuliaan dunia akhirat yang dapat diraih di waktu subuh. berbahagialah mereka yang sanggup memetik kemuliaan tersebut. hingga marilah mulai dari saat ini kita berlomba buat mengisi waktu subuh dengan bermacam kebaikan sampai kemuliaan dunia akhirat sanggup kita capai.





(sumber: kabarmakkah. com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Laman