TUTUP!!! Klik 2x...

Inilah 15 Amalan Ringan Berpahala Besar

Mencapai pahala tidak wajib senantiasa dengan amalan yang memberatkan. sesuaikanlah amalan - amalan ibadah yang kita jalani dengan keahlian raga diri kita. walaupun demikian bukan berarti kita tidak bersungguh - sungguh dengannya. iktikad dari jangan melaksanakan amalan - amalan yang memberatkan yakni janganlah kita memporsir diri melaksanakan bermacam amal shalih pada hari ini, tetapi kerasa cape membikin kita tidak beramal sedikit juga di hari besok.

ingatlah allah subhanahu wa ta’ala lebih menggemari amalan sedikit yang dicoba secara istiqomah terus menerus dibandingkan amalan banyak yang tidak sinambung di besok harinya. dan juga sesungguhnya terdapat 15 amalan yang ringan dikerjakan tetapi malah berpahala besar.

berikut merupakan sebagian amalan yang ringan, tetapi berat timbangannya tersebut.

1. berdzikir “subhaanallah wa bihamdihi subhaanallahil adzim”
penjelasan ini di informasikan dari abu hurairah dimana rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“ada 2 kalimat yang dicintai oleh allah, ringan di lisan dan juga berat di timbangan: (ialah teks) subhaanallah wabihamdihi subhaanallahil adzim. ” (hr bukhari)

2. menyempurnakan wudhu dan juga membaca doa yang telah dianjurkan oleh nabi
amalan yang kedua merupakan wudhu yang tetap kita dawamkan tiap shalat dengan sempurna dan juga diiringi doa penutup sebagaimana anjuran nabi dalam hadistnya.

“barangsiapa yang berwudhu dengan sempurna, setelah itu tuntas wudhu ia membaca: asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh, hingga hendak dibukakan untuknya pintu surga yang jumlahnya 8, dan juga ia boleh masuk dari pintu mana aja yang ia gemari. ” (hr. muslim)

3. mendatangi shalat jumat diawal waktu
tidak hanya jadi kewajiban untuk tiap pria, shalat jumat pula menggambarkan amalan yang ringan, tetapi besar pahalanya di sisi allah.

hadist maupun penjelasan yang menarangkan tentang ini didapat dari aus bin aus ats tsaqafi.

rasulullah bersabda, “barangsiapa yang membilas (kepalanya) dan juga cuci (segala badannya) di hari jumat (mandi besar) , kemudian berangkat ke masjid pagi - pagi, dan juga ia memperoleh khutbah dari dini, ia berjalan dan juga tidak naik kendaraan, ia mendekat ke khatib, konsentrasi mencermati khutbah dan juga tidak berdialog, hingga tiap langkahnya (dinilai) sebagaimana pahala puasa dan juga salat malam sepanjang setahun. ” (hr. abu dawud, at tirmidzi, ibnu majah, ibnu khuzaimah, ibnu hibban, dan juga dinilai shahih oleh Al albani)

4. melakukan shalat dhuha 4 rakaat
salah satu shalat yang mempunyai keutamaan buat menjemput rezeki yang baik merupakan shalat dhuha. walaupun cuma sebagian rakaat, tetapi pahala yang didapatkan sangat besar.

dari abu dzar, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “setiap ruas tulang kamu harus disedekahi, tiap tasbih, tahmid, tahlil, dan juga takbir bernilai sedekah, amar maruf nahi munkar bernilai sedekah, dan juga seluruh kewajiban sedekah itu dapat ditutupi dengan 2 rakaat shalat dhuha. ” (hr. muslim abu dawud)

5. melaksanakan dzikir ataupun wirid sehabis shalat berjamaah di masjid
untuk seseorang pria, berjamaah di masjid menggambarkan suatu keharusan dan juga salah satu yang mempunyai banyak keutamaan merupakan shalat subuh. tetapi jangan langsung beranjak kembali kala tuntas melaksanakannya, karna terdapat pahala yang besar untuk mereka yang berdzikir dulu sehabis shalat subuh.

dari anas bin malik, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, setelah itu senantiasa duduk di masjid hingga terbit matahari, setelah itu shalat 2 rakaat, hingga ia menemukan pahala haji dan juga umrah, sempurna, sempurna. ” (hr. at tirmidzi dan juga dinilai hasan oleh Al albani)

6. giat membaca al - qur’an
Al quran menggambarkan mukjizat sekalian pedoman hidup untuk umat islam. tidak salah bila isinya muat rentetan kebaikan yang mesti kita amalkan dengan optimal. tidak hanya itu membacanya juga dapat mendatangkan pahala yang besar sebagaimana yang diriwayatkan dari abdullah bin mas’ud.

nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al quran hingga ia menemukan satu pahala kebaikan. dan juga tiap satu pahala itu dilipatkan jadi 10 kali. ” (hr. at tirmidzi, at thabrani dan juga dinilai shahih oleh Al albani)

7. membaca doa kala hendak merambah pasar
tempat yang allah benci salah satunya merupakan pasar karna di sanalah sangat sedikit orang yang mengingat allah. hingga sangat besar keutamaan yang didapat oleh seorang yang membaca doa kala masuk ke dalam pasar karna dengan begitu, dia telah mengingat allah.

amalan ringan ini tercantum dalam riwayat dari abdillah bin amr bin ash dimana nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang masuk pasar setelah itu ia membaca: laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiit wa huwa hayyun laa yamuutu, biyadihil khair, wa huwa ala kulli syaiin qadiir (tiada sesembahan yang berhak disembah tidak hanya allah tiada sekutu menurutnya, miliknyalah segala kerajaan. dan juga miliknyalah segala pujian, ia menghidupkan dan juga mematikan, dan juga ia maha hidup dan juga tidak mati, di tangannyalah seluruh kebaikan, dan juga ia maha kuasa atas seluruh suatu) hingga allah catat untuknya sejuta kebaikan, allah hapuskan sejuta kesalahan, dan juga allah angkat untuknya satu juta derajat. ” (hr. at tirmidzi, Al hakim, angkatan darat (AD) darimi dan juga dinilai hasan oleh Al albani)

8. melakukan shalat berjamaah di masjid
untuk sebagian orang berangkat ke masjid amatlah amat sulit karna sering - kali bertolak balik dengan hawa nafsunya yang tengah asik menyaksikan tv maupun melaksanakan aktivitas yang lain, walaupun masjid itu cuma sebagian m dari rumahnya. hingga untuk orang yang beriman, shalat berjamaah di masjid hendak dirasa ringan, karna memiliki pahala yang besar lagi banyak.

dari abu umamah, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “barang siapa yang keluar dalam kondisi suci, mengarah masjid buat melakukan shalat jamaah, hingga pahalanya serupa pahala serupa orang yang lagi haji dalam kondisi ihram. ” (hr. abu dawud dan juga dinilai hasan oleh Al albani)

9. dzikir kala bangun ditengah malam
tentu kita sempat bangun di tengah malam, entah karna mau ke kamar mandi maupun karna bangun begitu aja. hingga alangkah baiknya bila sehabis bangun tersebut kita tidak tidur dulu, melainkan membaca doa serupa dalam hadist berikut karna besarnya pahala yang didapat.

dari ubadah bin shamit, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “barang siapa yang terbangun kala tidur malam setelah itu ia membaca: laa ilaaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ala kulli syaiin qadiir. alhamdulillah, wa subhanallah, wa laa ilaaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah (tiada sesembahan yang berhak disembah tidak hanya allah semata tiada sekutu menurutnya, miliknyalah segala kerajaan, miliknyalah seluruh pujian, dan juga ia maha kuasa atas seluruh suatu. seluruh puji kepunyaan allah, maha suci allah, tiada sesembahan yang berhak disembah tidak hanya allah, allah maha besar. tiada energi dan juga kekokohan kecuali dari allah) setelah itu ia beristighfar ataupun berdoa hingga hendak dikabulkan. bila ia berwudhu setelah itu shalat 2 rakaat hingga shalatnya diterima. ” (hr. bukhari abu dawud)

10. melakukan shalat qobla subuh 2 rakaat
shalat qobla subuh kerap pula diucap shalat fajar dan juga shalat yang cuma 2 rakaat ini amat berat timbangannya di sisi allah bila dibanding dengan dunia dan juga isinya.

dari aisyah, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “dua rakaat saat sebelum subuh lebih baik daripada dunia dan juga seisinya. ” (hr. muslim)

11. teratur membaca shalawat
kecintaan seseorang muslim kepada nabinya salah satunya merupakan dengan membaca shalawat. perihal ini juga telah diterangkan rasulullah kala seorang bertanya gimana dia dapat berdoa ataupun bershalawat kepada rasul. hingga rasul juga membagikan contohnya dan juga tentu aja terdapat banyak keutamaan atapun pahala yang amat besar di dalamnya.

dari abu hurairah, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “barang siapa yang membaca shalawat untukku sekali, hingga allah hendak membagikan shalawat kepadanya 10 kali. ” (hr. muslim)

dalam riwayat lain: “barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, hingga allah hendak membagikan shalawat kepadanya 10 kali, dihapuskan 10 kesalahan, dan juga dinaikan 10 derajat. ” (hr. an nasai, shahih)

12. menanggapi dan juga membaca kala adzan berkumandang
kerap kali kita melupakan amalan ringan yang satu ini dan juga cuma melalui begitu aja di kuping. sementara itu pahala yang hendak didapat kala menanggapi adzan sekalian membaca doa di kesimpulannya sangat besar.

dari jabir bin abdillah, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa yang mencermati adzan setelah itu ia membaca doa: allahumma rabba hadzihid dawatittammah washshalatil qaimah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wabats - hu maqamam mahmudanilladzi waadtahu, (ya allah, rabb owner panggilan yang sempurna dan juga shalat harus yang ditegakkan, berikanlah kepada muhammad wasilah dan juga fadhilah. bangkitkanlah dia ke tempat terpuji yang telah engkau janjikan kepadanya, hingga ia berhak menemukan syafaatku pada hari kiamat). ” (hr. bukhari)

13. senantiasa berdzikir tiap pagi dan juga sore hari
salah satu dzikir yang diajarkan buat didawamkan tiap pagi dan juga sore hari merupakan perkataan, “subhaanallah wa bihamdihi. ” pahala yang diperoleh juga bukan main - main karna pahalanya lebih baik dari siapapun.

dari abu hurairah radhiallahu ‘anhu, nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “barangsiapa di waktu pagi dan juga sore membaca: subahanallah wa bihamdihi seratus kali hingga tidak terdapat seseorang juga yang tiba pada hari kiamat dengan bawa pahala yang lebih baik dari pahala yang ia membawa, kecuali orang yang membaca serupa yang ia baca ataupun lebih banyak. ” (hr. muslim)

14. tetap mengajak teman berbuat baik
tugas seseorang muslim merupakan silih mengajak dalam kebaikan dan juga ini dapat kita sesuaikan triknya bergantung suasana maupun keadaan dari area ataupun individu orang yang diajak. dengan cuma mengirim pesan ataupun himbauan yang amat pendek tersebut, kita malah hendak memperoleh pahala yang amat melimpah.

dari abu hurairah, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barang siapa yang mengajak kepada kebaikan, hingga ia memperoleh pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa kurangi pahala mereka sedikit juga. dan juga benda siapa yang mengajak teman buat melaksanakan kesesatan dan juga maksiat hingga ia menemukan dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa kurangi dosa mereka sedikit juga. ” (hr. muslim)

15. rajin - rajinlah beristighfar
untuk yang terasa berdosa maupun terasa hidupnya sulit, hingga beristighfar jadi jalur pemecahan yang tersadu dan juga termudah. terlebih lagi banyak keutamaan yang didapat dengan mendawamkan amalan ringan ini.

dari ibn abbas, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “barang siapa yang giat beristighfar hingga allah hendak bagikan jalur keluar tiap terdapat kesusahan, allah bagikan penyelesaian tiap hadapi permasalahan, dan juga allah bagikan rizki yang tidak disangka - sangka. ” (hr. abu dawud, hasan lighairihi).

mudah - mudahan kita seluruh dapat merutinkan 15 amalan ringan tersebut dan juga rasakanlah kalau allah hendak menaikkan pahala yang amat besar sekalian memudahkan hidup kita.

wallahu a’lam




(sumber: kabarmakkah. com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads
Diberdayakan oleh Blogger.

Total Tayangan Halaman